Minggu, April 14, 2024
Bandar Lampung

Pemprov Lampung Berkomitmen Ciptakan Lingkungan Bisnis Ramah Investasi

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Gubernur Lampung diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Lampung menjadi pembina Apel Gabungan Mingguan dilingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Lampung, Senin (22/01/2024).

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Lampung Zainal Abidin, menyampaikan bahwa Provinsi Lampung memiliki posisi yang strategis sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera dan jarak tempuh yang dekat dengan ibukota Jakarta.

Infrastruktur di Provinsi Lampung telah mengalami kemajuan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, Pemerintah Provinsi Lampung dengan tekun senantiasa berupaya meningkatkan kualitas dan cakupan infrastruktur demi mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Jaringan jalan di Lampung telah mengalami perluasan dan pemeliharaan, sehingga mempermudah mobilitas dan konektivitas antar wilayah. Selain itu, pengembangan sektor transportasi juga mencakup perluasan bandara dan pelabuhan, sehingga mengoptimalkan aksesibilitas dan perdagangan. Pembangunan infrastruktur pendukung lainnya, seperti listrik dan air bersih, juga menjadi fokus yang tak kalah penting.

Investasi berpengaruh besar terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di Provinsi Lampung. Investasi disebut sebagai tulang punggung perekonomian karena mampu menciptakan lapangan kerja dan memberikan nilai tambah pada komoditas unggulan yang ada di Provinsi Lampung.

Provinsi Lampung memiliki potensi luar biasa yang dapat lebih dioptimalkan. Dengan kekayaan alam yang melimpah, potensi pariwisata yang menakjubkan, dan sumber daya manusia yang kompeten, serta potensi renewable energy seperti panas bumi juga potensi pembangkit listrik tenaga surya terapung di beberapa wilayah Lampung.

“Kami yakin bahwa Lampung adalah tempat yang ideal untuk kita berinvestasi, semua berkomitmen untuk terus melakukan reformasi regulasi dan mempermudah proses perizinan guna menciptakan lingkungan bisnis yang lebih ramah investasi,” ujar Gubernur.

Saat ini seluruh perizinan berusaha telah beralih ke sistem Online Single Submission
Risk-based Approach (OSS RBA). Melalui sistem OSS RBA ini, para investor dapat mengajukan perizinan berusaha secara online tanpa harus melewati berbagai tahap yang rumit. Hal ini mengurangi birokrasi dan meningkatkan efisiensi, sehingga mempercepat proses investasi dari mulai perencanaan bisnis hingga implementasi proyek. Kecepatan dan keterbukaan proses perizinan ini menjadi daya tarik utama bagi para pelaku bisnis yang ingin berinvestasi.

Stabilitas dalam konteks penanaman modal (investasi) lebih dari sekadar terjaganya kondisi makro ekonomi dan kepastian hukum. Unsur-unsur lain yang tak kalah substansial ialah kejelasan regulasi, kelembagaan, kepastian ketersediaan lahan, kesiapan infrastruktur, koordinasi pusat-daerah, kapasitas SDM, serta peran sektor bisnis.

Diakhir sambutannya Gubernur Lampung mengundang seluruh Stakeholder untuk bersatu menjadikan Provinsi Lampung poros investasi.

“Saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun Lampung menjadi pusat investasi yang menarik, berkelanjutan, dan berdaya saing tinggi. Mari kita jalin kerjasama yang kuat, berbagi visi, dan bekerja bersama demi kemajuan bersama.” pungkas Gubernur.(Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *