Sabtu, April 20, 2024
Bandar Lampung

Gubernur Arinal Kukuhkan Kepala Perwakilan BPKP Lampung

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Gubernur Arinal Djunaidi mengukuhkan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Lampung, Nani Ulina Kartika Nasution, di Mahan Agung, Senin (22/1/2024).

Sebelumnya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung dijabat oleh Suyarsih Fifi Herwati yang kini mengemban tugas baru sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten.

Dalam pelaksanaan kegiatan pengawasan tugas-tugas pemerintahan baik pusat dan daerah, menurut Gubernur, peran BPKP sangat berarti dalam mengawal akuntabilitas program-program pemerintah pusat dan daerah yang ada di wilayah Provinsi Lampung. Mulai dari bidang Ketahanan Pangan, Pembangunan SDM, pembangunan ekonomi, percepatan penyelesaian infrastruktur dan konektivitas, akuntabilitas keuangan negara, daerah dan desa hingga penguatan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih.

Gubernur menyebutkan, Pengawalan Keuangan Pembangunan yang dilakukan BPKP, khususnya di Provinsi Lampung, dapat dirasakan manfaatnya. Terutama dalam mengawal perbaikan tata kelola pemerintah yang lebih baik. Sehingga seluruh instansi pemerintah, BUMN/D, BLU/BLUD yang ada di Provinsi Lampung dapat memberikan kontribusi nyata dalam Pembangunan di Provinsi Lampung.

Saat ini Provinsi Lampung masih banyak menghadapi tantangan, salah satunya terkait Indeks Kemandirian Fiskal. Hanya Provinsi Lampung yang sudah mencapai Indeks diatas 50%, yaitu 55,93%. Sedangkan dua kota yang termasuk ialah Bandar Lampung dan Metro yang sedang menuju kemandirian, dengan indeks Bandar Lampung 32,58% dan Metro 26,07%.

Ke depan, Gubernur berharap agar BPKP yang selama ini sudah banyak memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Provinsi Lampung, tetap meneruskan melakukan pengawalan, mulai dari perencanaan sampai dengan akuntabilitas.

Gubernur juga berharap kepada pemerintah Kabupaten/Kota, instansi vertikal, BUMN/D, BLU/D agar terus bekerjasama dan bersinergi dengan BPKP untuk meningkatkan kualitas tata Kelola, pengelolaan risiko, dan pengendalian intern untuk mewujudkan pembangunan yang berdampak bagi masyarakat di Provinsi Lampung.

Di akhir sambutannya, Gubernur mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada Suyarsih Fifi Herwati sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung atas kerja samanya selama ini dan telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam perbaikan tata kelola pemerintah yang baik.

Gubernur juga mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Nani Ulina Kartika Nasution sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung yang baru.

“Saya berharap Pemerintah Provinsi Lampung dan BPKP dapat terus bersinergi, berkolaborasi, dan menjalin komunikasi yang baik guna tercapainya tata kelola Pemerintah Provinsi Lampung yang lebih baik lagi,” harap Gubernur.

Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara Sally Salamah dalam kesempatannya mengharapkan agar pertemuan ini dapat dimanfaatkan seluruh aparatur pemerintah, baik pusat maupun daerah di Provinsi Lampung, untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam menganggarkan agenda pembangunan sesuai dengan tugasnya masing-masing.

“Tentunya seluruh aparatur pemerintah harus fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan tetap menjaga akuntabilitas keuangan dan kinerja,” kata Sally Salamah.(Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *