Rabu, Juli 24, 2024
Bandar Lampung

Unila Peringkat Empat Terbaik Nasional Anugerah KIP 2023 Kategori PTN

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Universitas Lampung (Unila) meraih predikat empat terbaik nasional sebagai Badan Publik dengan kualifikasi Informatif, dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023, kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Penganugerahan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) yang dihelat di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Desember 2023 ini diberikan berdasarkan hasil monev tahunan dalam rentang waktu Januari hingga Desember 2022, yang dilakukan pada tahun 2023.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., menerima plakat tersebut dari Ketua KIP Donny Yoesgiantoro, disaksikan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan Menteri Kominfo RI Budi Arie Setiadi.

Ketua KIP Donny Yoesgiantoro menyatakan, monitoring dan evaluasi Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023 merupakan kegiatan yang ke-13 kali.

Pada tahun ini, monitoring dan evaluasi dilakukan kepada 369 Badan Publik yang meliputi Kementerian, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Lembaga Non-Struktural, Pemerintah Provinsi, Badan Usaha Milik Negara, Perguruan Tinggi Negeri, dan Partai Politik.

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023 merupakan hasil dari monitoring dan evaluasi yang dilakukan KIP, sebagai bentuk upaya untuk memajukan keterbukaan informasi publik di seluruh pemerintahan badan publik.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 menugaskan kepada Komisi Informasi pusat untuk menetapkan standar teknis layanan informasi publik di lingkungan badan publik di Indonesia.

Rektor Unila, di tempat yang sama, mengungkapkan kebanggaannya. “Alhamdulillah, Unila berhasil mempertahankan kualifikasi Informatif dengan meraih peringkat empat besar nasional tahun ini, naik 18 peringkat dari tahun sebelumnya. Ini merupakan hasil kerja sama semua pihak, khususnya subbagian informasi,” ujarnya.

Rektor optimistis, Unila tahun depan akan lebih baik lagi dengan terus meningkatkan standar layanan dan melakukan inovasi. “Sebagai langkah strategis ke depan, karena kita masih berada di peringkat empat, kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk mencapai peringkat tiga pada tahun 2024.

Adapun lima besar kategori perguruan tinggi dengan status Badan Publik Informatif 2023 sebagai berikut:

1. Universitas Negeri Malang

2. Universitas Gadjah Mada

3. Universitas Brawijaya

4. Universitas Lampung

5. Universitas Bangka Belitung.(Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *