Sabtu, Juli 27, 2024
Metro

Pemkot Metro Raih Predikat Baik Penerapan SPBE 2023

Metro, hariansatelit.com

Pemerintah Kota Metro berhasil meraih penghargaan predikat “Baik” tingkat nasional tahun 2023 dengan nilai indeks SPBE sebesar 3,04 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB)
Sekretaris Daerah Kota Metro, Ir. Bangkit Haryo Utomo menerangkan, hasil nilai indeks dan predikat yang cukup memuaskan itu tertuang pada Surat Keputusan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) RI Nomor 13 Tahun 2024.

Bangkit juga mengapresiasi kinerja dinas dan perangkat pemerintahan kota metro atas capaian prestasi tersebut.

“Alhamdulillah, dipertahankan kinerja yang sudah baik selama ini adapun yang masih dapat kita tingkatkan mari kita tingkatkan agar semakin baik ke depannya,” ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro Subehi didampingi oleh Kabid Informatika dan Persandian Andi Setiyono mengatakan SPBE Kota Metro Tahun 2023 Naik dari tahun sebelumnya dari Kategori Cukup menjadi Kategori Baik.

Dijelaskannya, Pemerintah Kota Metro telah mengimplementasikan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan cara mengintegrasikan berbagai aplikasi layanan publik, layanan administrasi dan layanan keuangan di Kota Metro.

Pengintegrasian layanan-layanan tersebut tidak hanya dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan juga mengoptimalkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kota Metro bahkan nilai indeks SPBE tersebut melesat tajam dari angka 2,49 pada tahun 2022 menjadi 3,04 pada tahun 2023 dan berhasil meraih penghargaan predikat “Baik” tingkat nasional pada tahun 2023.

“Indeks SPBE Kota Metro naik karena telah terpenuhinya beberapa syarat yang menjadi poin evaluasi pada SPBE. Untuk ke depan diperlukan peningkatan terutama pada domain kebijakan dan Audit TIK,” tegasnya.

Dalam hal itu juga dijelaskan oleh Kabid Informatika dan Persandian Andi Setiyono mengatakan bahwa upaya dan kerja keras sudah diupayakan termasuk dukungan Kepala Dinas dan Kepala OPD lainnya serta dukungan penuh dari Walikota dan Wakil Walikota Metro.

Lanjut Andi, peningkatan Indeks SPBE Kota Metro Tahun 2023 dengan nilai 3,04 (Kategori Baik) menjadi kebanggaan sekaligus tantangan bagi Kota Metro agar dapat mempertahankan dan meningkatkan predikat Indeks SPBE dari “Baik” tersebut menjadi predikat “Sangat Baik” di tahun 2024.

“Ini tentunya perlu didukung dengan konsistensi kolaborasi Perangkat Daerah disertai peningkatan layanan dan inovasi yang berbasis digital,” tutupnya. (Hendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *