Sabtu, Juni 22, 2024
Bandar Lampung

Buka UKW, Gubernur Arinal Harapkan Wartawan Tingkatkan Karya Jurnalistik dan Menambah Wawasan

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka secara resmi kegiatan Uji Kompetensi Wartawan Ke-32 tahun 2024 yang digelar oleh PWI dan BUMN dengan tema “Menciptakan Wartawan Profesional dan Berakhlak” di meeting room Hotel Emersia, Rabu (10/01/2024).

Melalui kegiatan ini, Gubernur berharap peserta uji kompetensi dapat meningkatkan karya jurnalistiknya dan mampu menambah wawasan yang bernilai tambah.

“Saya harap agar para peserta Uji kompetensi Wartawan ini dapat menjadikan acara ini sebagai wadah pembelajaran dan refleksi untuk terus meningkatkan kualitas karya jurnalistik. Teruslah belajar, beradaptasi, dan berinovasi, sehingga informasi yang disajikan kepada masyarakat tidak hanya akurat, tetapi juga mampu memberi wawasan yang bernilai tambah,” ungkap Gubernur.

Menghadapi era digital dan globalisasi seperti saat ini, menurut Gubernur, perkembangan media massa semakin cepat. Wartawan sebagai pengemban informasi harus memiliki kesiapan dalam menghadapi perubahan tersebut.

Termasuk didalamnya kemampuan untuk memahami isu-isu terkini, menyampaikan informasi secara berimbang, dan menjunjung tinggi etika jurnalistik adalah hal-hal yang tidak boleh diabaikan.

“Melalui kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan selamat mengikuti uji kompetensi ini dengan baik. Semoga para peserta dapat lulus dengan nilai yang terbaik. Serta pengetahuan, wawasan dan keterampilan yang diperoleh ini, dapat diaplikasi melaksanakan tugas saudara-saudara,” pungkas Gubernur.

Sementara itu Ketua PWI Provinsi Lampung H Wirahadikusumah dalam laporannya menyampaikan bahwa PWI Lampung semenjak tahun 2011 telah melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan sebanyak 32 kali dan meluluskan 846 orang wartawan dari 1001 orang jumlah anggota PWI Lampung.

Adapun untuk Uji Kompetensi Wartawan saat ini diikuti oleh total peserta 36 orang. Terdiri dari 4 kelas Wartawan Muda dan 2 kelas jenjang Wartawan Madya.

“Dari 32 kali kami melaksanakan uji kompetensi wartawan dari 2011, baru kali ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Gubernur, Pak Gubernur ingin menyaksikan langsung bagaimana wartawan Lampung melakukan uji kompetensi, sehingga dapat menjadi wartawan yang memiki kemampuan dan berakhlak,” ucap Wirahadikusumah.

“Saya sangat terharu tadi malam ketika ditelpon Biro Adpim bahwa pak Gubernur berkenan hadir, tentunya kami sangat mengapresiasi perhatian Pak Gubernur kepada PWI,” imbuhnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua PWI Pusat yang diwakili oleh Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah. Menurutnya pemerintah daerah dan BUMN merupakan mitra strategis PWI dalam melakukan pemberitaan-pemberitaan terkait pembangunan.

Adapun Vice President Humas PT. Pusri Rustam Effendi dalam sambutannya mengatakan bahwa media memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan BUMN dalam rangka mendukung program pemerintah.

“Karena medialah, masyarakat dapat mengetahui aktivitas BUMN, juga dalam mensosialisasikan kebijakan BUMN kepada masyarakat luas, membangun citra positif, dan sebagai sarana promosi sehingga BUMN dan produk-produknya semakin dikenal di kalangan masyarakat,” ucapnya.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan media yang telah menggiring perkembangan BUMN hingga saat ini, harapan kami rekan-rekan media dapat terus bersinergi bersama kami dalam menyajikan keseimbangan informasi, karena saya yakin dalam menjalankan tugasnya jurnalis berpegang teguh pada etika pers,” tutupnya. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *