Jumat, Maret 1, 2024
Bandar Lampung

Sejarah Baru Lampung Loloskan 50 Cabor

Bandarlampung, hariansatelit.com

Sejarah baru untuk olahraga Lampung, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XI/2024 mendatang di Aceh – Sumatera Utara. Pasalnya sampai dengan saat ini sudah 50 cabang olahraga, yang lolos ke PON dengan jumlah 360 atlet.

Ketua Harian KONI Provinsi Lampung Bridjen TNI Purn Amalsyah Tarmizi, Selasa (5/12) pagi, disaat menyaksikan tes fisik dan kesehatan atlet PON Lampung. Menjelaskan apa yang sudah berhasil diraih oleh cabang olahraga saat ini, dalam menuju PON Aceh – Sumut 2024 mnedatang.

Dimana dari 60 cabang olahraga Lampung yang mengikuti babak kualifikasi (BK) PON 2023, sudah 50 yang berhasil 8 Cabor yang gagal dan tinggal 2 Cabor lagi masih dalam proses BK sampai dengan akhir Desember 2023 ini.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pada PON mendatang akan mempertandingkan 65 cabor dengan dibagi menjadi 2 provinsi yaitu Aceh – Sumatera Utara.

Lampung yang meloloskan 50 Cabor baik perorangan maupun beregu, juga terbagi menjadi dua dengan perbandingan 24 di Aceh dan 26 Cabor di Sumut.

“Kita Sementara sudah moloskan 50 Cabor. Dari 60 Cabor yang kita ikuti tersebut, hanya 8 cabor yang tidak lolos PON. Lolos dengan merai medali sebanyak 31 Cabor dan sisanya 19 Cabor, lolos dengan peringkat. Masih ada 2 Cabor lagi, yang sampai saat ini belum selesai BK PON-nya,” kata Ketua Harian (Kahar).

Untuk Cabor sudah dinyatakan tidak lolos PON 2024 yaitu hoki, arung jeram, drum band, barongsai, bola tangan, brigde dan taekwondo.

Sedangkan 2 Cabor lainnya yang masih menunggu hasil BK PON yaitu layar (sudah BK PON tinggal tunggu hasil) kemudian dayung, yang belum melaksanakan BK PON sampai dengan tanggal 5 Desember 2023.

Lebih lanjut Kahar menambahkan, PON XI/2024 Aceh-Sumut sangat berbeda dengan PON-PON sebelumnya. Dimana ada kenaikan 80 persen baik jumlah Cabor maupun atletnya, seperti pada PON XX/2021 di Papuan lalu.

Sebanyak 147 atlet dari 26 Cabor, lalu PON XIX/2016 Bandung Jawa Barat sebanyak 140 atlet dengan 24 Cabor. Jumlah tersebut tentunya sangat jauh dibandingkan PON 2024, yang meloloskan 360 atlet dan 50 Cabor untuk sementara.

“Jadi saya ulangi, dengan anggaran yang terbatas. Kita bisa meloloskan 50 Cabor dari 60 yang ikuti BK PON. Tentunya harapan kita di PON mendatang, mampu meraih medali lebih banyak sehingga bisa mengangkat prestasi kita lebih baik lagi, dari PON-PON sebelumnya,” lanjut Kahar.

Saat ini para atlet Lampung yang telah lolos PON, tengah menjalani tes fisik dan kesehatan tahap awal semala 3 hari. Sebagai persiapan menghadapi atau menjalankan program.pembinaan Pelatprov, untuk tahun 2024 mendata g sesuai dengan porsi cabang olahraganya masing-masing.

Selain itu, pada pertengahan Desember ini, akan dilaksanakan out bound dan Bimtek yang diperuntukan dalam rangka menunjang program pelatihan menghadapi PON XXI/2024 Aceh-Sumut. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *