Minggu, Juni 16, 2024
Bandar Lampung

Peringatan HKN ke-59, Momentum Peningkatan Pembangunan Bidang Kesehatan di Lampung

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri Acara Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 bertempat di Halaman Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Rabu (29/11/2023).

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mewakili Gubernur Lampung dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu unsur utama dan penting yang sangat mendukung dalam upaya mewujudkan ‘Rakyat Lampung Berjaya’ adalah bidang kesehatan.

“Salah satu prasyarat kita mencapai ‘Rakyat Lampung Berjaya’ salah satunya itu adalah harus sehat. Paling tidak dari tiga indikator IPM (Indeks Pembangunan Manusia) itu menjadi indikator utama, pertama, masyarakat harus sehat jasmani dan rohani, kedua, harus memiliki pendidikan sehingga bisa menciptakan kehidupan yang cerdas yang produktif dan berdaya saing, ketiga kita harus memiliki kekuatan ekonomi, punya daya beli yang kuat sehingga bisa sejahtera inilah sebetulnya esensi dari tujuan kita dari pembangunan menuju Rakyat Lampung Berjaya,” ucapnya.

Sekdaprov menyampaikan bahwa dibawah kepemimpinan Gubernur Lampung, saat ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Lampung mampu mencapai 70,45%, bahkan beberapa Kabupaten/Kota menunjukkan IPM yang melebihi rata – rata Nasional.

“Alhamdulillah dibawah kepemimpinan bapak gubernur IPM kita sekarang sudah mencapai 70,45% dan ini termasuk kategori tinggi, dan diantara kabupaten kota se-Provinsi Lampung, ada 3 (tiga) kabupaten kota IPM-nya jauh diatas rata-rata nasional dan ini prestasi dari kita semua dan pak gubernur mengucapkan terimakasih atas dukungan dari semua komponen pembangunan,” lanjutnya.

Dalam bidang pendidikan, Sekdaprov menyampaikan bahwa Pendidikan di provinsi Lampung sudah semakin membaik dan akses masyarakat terhadap pendidikan semakin baik ini berarti masyarakat Lampung semakin berpendidikan, terpelajar dan baik.

Sekdaprov juga menyebutkan bahwa Tingkat Universal Health Coverage (UHC) di Provinsi Lampung juga tinggi.

“Tingkat UHC (Universal Health Coverage) kita itu sudah diatas angka 90% artinya sudah semakin besar rakyat Lampung itu di cover oleh BPJS artinya hidupnya lebih tenang, kalau terpaksa dirawat dirumah sakit BPJS sudah siap untuk meng-cover itu semua. Ini merupakan jaminan bagi kehidupan oleh karena esensi dari keberhasilan pembangunan itu adalah masyarakatnya sehat, masyarakatnya berpendidikan, masyarakatnya secara ekonomi itu semakin mapan dan hidupnya tentram, tentram itu salah satunya kalau dia sudah dicover oleh BPJS,” jelas Sekdaprov.

Saat ini, Sekdaprov juga menyebutkan bahwa Rumah Sakit Daerah Provinsi Lampung juga semakin baik.

“Alhamdulillah rumah sakit kita sekarang sudah semakin mapan, bahkan kemarin kita sudah berhasil memisahkan kembar siam, itu artinya rumah sakit kita semakin baik, dan pak gubernur berharap, yang hebat itu jangan hanya di Abdoel Moeloek tapi seluruh rumah sakit termasuk kabupaten kota sampai ke puskesmas itu harus baik oleh karena ujung tombak pelayanan kesehatan itu ada di puskesmas,” ucap Sekdaprov.

“Oleh karena yang penting itu adalah menjaga biar masyarakat kita tetap bugar tetap sehat, lingkungannya bersih sehingga persoalan-persoalan public health itu tidak muncul lagi. Kalau masyarakatnya sudah sehat maka tentunya garda pengobatan di rumah sakit akan semakin ringan,” lanjutnya.

Sekdaprov juga menyebutkan bahwa Provinsi Lampung selama Pandemi Covid-19 telah berprestasi dalam hal penanganannya, berkat kerja keras dan dukungan dari semua instansi, komponen masyarakat, sehingga semangat kebersamaan dan kegotongroyongan tersebut harus terus digelorakan.

“Kita telah berprestasi pada saat kita kena Covid-19, kita banyak menerima penghargaan, berkat kerja keras dari semua instansi komponen masyarakat. Marilah itu semua kita teruskan daya juang kita untuk Lampung yang semakin berjaya dan kepada insan kesehatan. Camkan betul bahwa kesehatan itu adalah kewenangan wajib pelayanan dasar yang harus kita penuhi yang namanya standar pelayanan minimal, ini tolong dicamkan betul, jangan sampai ini kita menurun. Oleh karena hari ini kondisi sudah sangat baik, hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan besok harus lebih baik dari hari ini, itu adalah pesan pak gubernur,” tegasnya.

Diakhir, Sekdaprov menyebutkan bahwa Provinsi Lampung saat ini masuk 3 provinsi terbaik dalam menangani stunting.

“Alhamdulillah kita termasuk 3 provinsi terbaik dalam menangani stunting, sangat progresif dan untuk itu maka pemerintah provinsi Lampung mendapat penghargaan dalam bentuk dana insentif oleh karena keberhasilan kita menurunkan angka stunting,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, PIt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Edwin Rusli dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini memiliki beberapa tujuan, yaitu :

1) Mendorong program kemitraan antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan dinas kesehatan, lintas kementerian, termasuk mitra swasta, organisasi/ profesi, dan Masyarakat untuk mendukung transformasi Kesehatan,

2) Mendorong promosi gaya hidup sehat di Indonesia pada setiap siklus hidup melalui kolaborasi lintas sektor untuk mewujudkan Indonesia lebih sehat,

3) Meningkatkan kesadaran, pengetahuan, kewaspadaan tentang isu kesehatan dan mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan. Hal ini merupakan upaya promotif dan preventif, mencakup promosi gaya hidup sehat, pencegahan penyakit, dan pentingnya melakukan deteksi dini,

4) Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, Hari Kesehatan Nasional juga dapat menjadi momen untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, serta menyoroti isu-isu seperti fasilitas kesehatan yang ramah masyarakat, ketersediaan obat- obatan, dan pelatihan tenaga medis.

Dalam rangkaiannya, Sekdaprov menyerahkan Penghargaan atas jasa Penanganan Covid-19, dan Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas dan Rumah Sakit serta SDM Penunjang Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023.

Selain itu, Sekdaprov juga menyerahkan bantuan logistik Gubernur Lampung dan bantuan paket sembako untuk pencegahan stunting serta memberikan penghargaan kepada Pemenang Lomba dan Bantuan dalam rangka HKN ke-59 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 bersama Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Wakil Ketua I TP. PKK Provinsi Lampung Mamiyani Fahrizal, Perwakilan Forkopimda Provinsi Lampung Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung Yuni Daru Winarsih dan sejumlah pejabat pimpinan tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *