Rabu, Juli 24, 2024
Bandar Lampung

Sekdaprov Lampung Buka FIT ISI Tahun 2023

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Sekdaprov Fahrizal Darminto membuka Forum Ilmiah Tahunan Ikatan Surveyor Indonesia (FIT ISI) 2023 dengan tema “Advance Geospatial Technology to Improve Land Management”, di Ballroom Hotel Novotel, Rabu (29/11/2023).

Pertumbuhan penduduk yang cepat dan diiringi dengan peningkatan aktivitas pembangunan yang pesat menyebabkan peningkatan permintaan berbagai kebutuhan seperti perumahan, infrastruktur, lahan, termasuk didalamnya terkait permasalahan tata batas antar wilayah. Hal ini tentunya membutuhkan manajemen pertanahan yang baik mengingat ruang yang tersedia terbatas. Selain itu juga dibutuhkan peta wilayah yang memiliki akurasi yang tinggi.

Akses hunian layak merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi karena merupakan salah satu pondasi utama dalam membangun kehidupan yang sejahtera dan berkelanjutan. Tempat tinggal yang layak huni memiliki beberapa aspek yang perlu dipenuhi antara lain kecukupan luas tempat tinggal, ketahanan bahan bangunan, akses air minum dan akses sanitasi layak.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Sekdaprov Fahrizal Darminto menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi geospasial dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan efisiensi dalam pemanfaatan sumber daya lahan.

Dengan kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memvisualisasikan data geografis, teknologi geospasial dapat membantu dalam pemantauan, perencanaan, dan pengambilan keputusan yang lebih baik terkait pengelolaan lahan dan pembangunan infrastruktur serta fasilitas umum bagi masyarakat. Dengan perencanaan yang baik dan implementasi kebijakan yang tepat maka pengelolaan lahan dalam pembangunan berkelanjutan dapat terwujud.

Kepada seluruh peserta, Sekdaprov mengucapkan selamat berdiskusi, saling bertukar pengetahuan, pengalaman dan ide terkait kemajuan teknologi geospasial dalam pengelolaan lahan secara efektif, efisien dan berkelanjutan sehingga pelaksanaan pembangunan dapat berjalan sesuai dengan harapan.

“Semoga dapat mengikuti diskusi sehingga menambah pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya membangun sistem, kelembagaan, maupun database sehingga bisa menghasilkan suatu data spasial yang akurat untuk mendukung pembangunan di provinsi lampung,” kata Sekdaprov. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *