Minggu, Juni 16, 2024
Metro

Bangga Kencana, Pemkot Metro Teken MoU dengan IAIN dan Akper Dharma Wacana

Metro, hariansatelit.com

Walikota Metro Wahdi melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan IAIN Metro dan Akper Dharma Wacana sebagai bentuk dukungan terhadap Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di Taman Metro Indonesia Indah (TMII) Kota Metro, Kamis (23/11/2023).

Kesepahaman bersama ini dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan kepedulian para pihak akan pentingnya Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan Percepatan Penurunan Stunting serta mensinergikan sumber daya yang ada dari para pihak yang didasarkan asas saling membantu, saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan.

Dalam sambutannya, Wahdi mengatakan bahwa sejak Tahun 2022 Pemerintah Kota Metro sudah membentuk Tim Pendamping Keluarga. Ada 130 TPK yang tersebar di 22 Kelurahan yang telah dibagi tugasnya masing-masing.

“Tugas pokok fungsi masing-masing di situ ada tenaga kesehatan seperti bidan, perawat maupun dokter. Yang kedua tentu atas tim yang berasal dari kader PKK dan kader KB,” ucap Wahdi.

Dirinya juga mengajak para TPK agar terus berinovasi untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

“Kita harus ingat terus bahwa semangat-semangat kita, inovasi kita untuk anak bangsa itu harus digerakkan dan tentunya pemerintah hadir untuk mensejahterakan masyarakat serta menghadirkan generasi bangsa yang hebat Indonesia Emas 2045.

“Kita juga punya program yang disebut GEMERLANG (Generasi Emas Metro Cemerlang). Saya sudah sangat bangga karena sudah paham semua dalam hal ini, ke depan orang-orang akan belajar ke sini belajar kepada TPK Kota Metro dan target penurunan angka stunting di Kota Metro harus 6 persen,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PPPAPPKB, Wahyuningsih mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

“Kegiatan ini kami laksanakan untuk mengarahkan agar keluarga mempunyai rencana berkeluarga, punya anak, pendidikan dan sebagainya sehingga terbentuk keluarga-keluarga yang berkualitas dan bebas dari stunting,” ucapnya.

Dipaparkan juga olehnya kegiatan ini diselenggarakan dengan menghadirkan berbagai perlombaan seperti lomba koreografi cegah stunting, sketsa pendampingan, calon pengantin bebas stunting.

Acara ini ditutup dengan pemberian apresiasi kepada TPK terbaik, penyerahan penghargaan pemilihan role model TPMB Tingkat Nasional regional dan pemberian telur secara simbolis kepada Camat se-Kota Metro. (Hendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *