Sabtu, April 20, 2024
Metro

UM Metro Buka Lokakarya Kurikulum Prodi Kedokteran

Metro, hariansatelit.com

Wali Kota Metro di dampingi Wakil Wali Kota Metro menghadiri Penandatangan Perjanjian Kerjasama dan Pembukaan Lokakarya Pembinaan Pembuatan Makro Kurikulum Prodi Kedokteran dan Profesi Dokter Universitas Muhammadiyah (UM) Metro, yang berlangsung di Aula Gedung HI Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Metro, Senin (13/11/2023).

Dalam kesempatannya , Wali Kota Metro H. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG (K), M.H mengatakan atas nama masyarakat dan Pemerintahan Kota Metro, menyambut baik dan mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan ini.

Sebagai mana hal ini wujud usaha kita bersama untuk mengetahui secara lebih mendalam dan melakukan pembahasan secara lebih komprehensif masalah makro kurikulum prodi kedokteran dan profesi kedokteran, guna mewujudkan Program Studi Kedokteran dan Profesi Dokter Universitas Muhammadiyah Metro yang baik dan berkualitas.

“Kita ketahui bahwa dalam membangun sebuah kurikulum program studi keilmuan tidak dapat dilakukan secara sembarangan atau sekenanya saja. Perencanaan harus dilaksanakan melalui berbagai tahap sehingga menghasilkan konsep yang matang, cermat, dan strategis,” katanya.

Wahdi juga menekankan bahwa perencanaan makro kurikulum, tentunya memerlukan analisis yang mendalam dari para ahli serta dibutuhkan komunikasi yang baik dalam merumuskan berbagai permasalahan.

“Kemudian, untuk mengidentifikasi berbagai akar permasalahan secara komperhensif, maka perencananaan makro kurikulum program studi kedokteran dan profesi dokter akan dapat lebih terarah dan terukur, sehingga eksekusi yang akan dilaksanakan dapat lebih efektif dan efisien serta tepat sasaran,” jelasnya.

Untuk itu , Wahdi juga berpesan bahwa diperlukan berbagai masukan, arahan dan kritik dari berbagai pihak, sehingga masalah-masalah yang hadapi dalam upaya pembuatan makro kurikulum ini dapat dirumuskan. Yang mana hal ini kemudian dituangkan ke dalam perencanaan program studi yang akan dilaksanakan Universitas Muhammadiyah Metro kedepannya.

Sementara itu, Rektor UM Metro Dr. Nyoto Suseno, M. Si. menjelaskan bahwa pertemuan hari direncakan untuk penandatanganan antara Universitas Muhammadiyah Metro dengan Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, yang mana sebelumnya juga sudah pernah di laksanakan kegiatan kesediaan untuk menjadi pendamping dari pendirian fakultas kedokteran di UM metro.
“Kami merasa sangat di dukung . Kami berharap Pemerintah dan seluruh warga Kota Metro mendukung kami”, ucapnya.

Dekan FK Unila Dr. dr. Evi Kurniawaty, S.Ked., M.Si mengucapkan terima kasih kepada Walikota dan Wakil Walikota Metro yang sudah berkenan hadir dalam penyelesaian tanda tangan kerjasama yang memang sudah kita rencanakan dari jauh hari ini.

“Mudah – mudahan apa yang kita rencanakan delapan tahun, kedepan bisa berjalan dengan lancar”, ujarnya.

Ini a juga mengatakan bahwa Universitas Muhammadiyah Metro, untuk di prodi kedokteran memiliki kekhususan di bidang kedokteran pencegahan. Baik bagian perencanaan dan makro kurikulum, yang nantinya akan memecahkan, serta menjadi ciri khas yang sifatnya lebih realistis dan memang lebih baik untuk bisa dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Metro. (Hendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *