Minggu, Maret 3, 2024
Bandar Lampung

Pemprov Lampung Peringati Hari Diabetes Sedunia Tahun 2023

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Pemerintah Provinsi Lampung menggelar rangkaian acara Hari Diabetes Sedunia Tahun 2023, bertempat di Lapangan Korpri Komplek Perkantoran Gubernur, Minggu (12/11/2023).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dr. Edwin Rusli dalam sambutannya mengatakan bahwa Diabetes melitus merupakan penyakit tidak menular yang harus mendapatkan perhatian khusus. Penyakit ini menjadi penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia setelah stroke dan jantung.

“Serta, perlu menjadi perhatian bagi kita semua bahwa jumlah penderita diabetes di Indonesia terus meningkat dari 10,7 juta pada tahun 2019 menjadi 19,5 juta pada tahun 2021,” ujar Edwin.

Tahun ini, peringatan Hari Diabetes Sedunia memiliki tema global “Know Your Risk, Know Your Response” dan tema nasional adalah “Deteksi Dini, Segera Atasi, Cegah Komplikasi”. Pesan utama untuk peringatan Hari Diabetes Sedunia tahun 2023 adalah 1 dari 10 orang dewasa penyandang diabetes di seluruh dunia merupakan diabetes yang mayoritasnya merupakan diabetes tipe 2.

Dalam banyak kasus, diabetes tipe 2 dan komplikasinya dapat dicegah. Untuk itu masyarakat perlu memahami risiko dan menentukan tindakan apa yang harus dilakukan untuk mendukung pencegahan, diagnosis dini, dan pengobatan tepat waktu. Dengan demikian, peringatan Hari Diabetes Sedunia tahun ini mengangkat Tagline “DETEKSI CEPAT, RESPON TEPAT ”

Penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikendalikan agar tidak terjadi komplikasi. Pada peringatan Hari Diabetes Sedunia ini Plt. Kadis Kesehatan menghimbau seluruh lapisan masyarakat dan komponen bangsa khususnya peran keluarga yang sangat besar untuk membantu menurunkan angka diabetes di dalam keluarga dengan cara meningkatkan kesadaran untuk hidup yang lebih sehat.

Hari Diabetes Sedunia diselenggarakan secara serentak di provinsi, kabupaten bahkan kota-kota di Indonesia. Kegiatan yang dilakukan beragam seperti melaksanakan olahraga bersama (senam, car free day, jalan santai; dan lainnya). Lalu, melakukan deteksi dini faktor risiko diabetes hingga informasi kegiatan dan pemberian edukasi terkait pencegahan dan pengendalian diabetes kepada masyarakat dengan pemasangan poster, media sosial, media cetak dan Elektronik.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kolaborasi yang terus dilakukan oleh Tropicana Slim dalam mengkampanyekan hidup sehat ke semua Masyarakat Lampung,” pungkasnya

Dalam kesempatan yang sama, Dian Vio selaku Area Marketing Tropicana Slim mengatakan,
dengan mengurangi konsumsi makanan minuman manis dan gorengan, termasuk dengan memasak sendiri di rumah, dapat menjadi salah satu alternatif untuk mendukung pola makan sehat.

Memasak sendiri sangat ekonomis dan sehat karena masyarakat secara langsung memilih sumber makanan dengan kandungan nutrisi yang lebih baik karena faktanya memasak makanan sendiri mampu menurunkan risiko diabetes hingga 13% lebih rendah.

“Kami percaya pola hidup sehat adalah cara terbaik untuk mencegah dan melawan diabetes, salah satunya dengan membatasi asupan gula, garam, dan lemak sebagai bagian dari pola makan sehat, aktif bergerak seperti senam bersama yang kita lakukan hari ini, serta memantau kadar gula darah mandiri secara berkala,” ujar Dian.

Kegiatan diisi dengan senam bersama dan pengisian petisi “I Give My #Hands4Diabetes In World Diabetes Day 2023.” Petisi berupa cap berbentuk tangan dengan emoji senyum yang dilakukan di spanduk oleh peserta yang hadir dalam acara tersebut.(Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *