Jumat, Mei 24, 2024
Bandar Lampung

Lolos ke Final KDMI 2023, Tim IIB Darmajaya Targetkan Masuk 10 Besar Nasional

 

Bandar Lampung, hariansatelit.com

Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya lolos ke tingkat nasional pada Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) setelah dinyatakan lolos 8 besar Wilayah 2, pada penyisihan grup yang digelar pada 25-29 Agustus 2023, melalui zoom meeting.

Pada putaran final yang akan digelar 11-18 September 2023 mendatang, IIB Darmajaya akan bertarung dengan tim lainnya dari seluruh Indonesia. “Mohon doa restunya agar kami dapat berbuat lebih baik untuk IIB Darmajaya,” kata Luluk Hertiwi, salah satu anggota tim KDMI IIB Darmajaya.

Luluk mengatakan, pada KDMI tahun ini, IIB Darmajaya menurunkan 3 peserta yang tergabung dalam satu tim, yaitu dia sendiri, Niko Saputra dan Finky Bela Lorenza. “Semuanya dari Prodi Akuntansi. Namun, Fingky Bela Lorenza berperan sebagai juri yang juga dilombakan dalam KDMI 2023 ini,” kata dia seperti mengutip dari https://darmajaya.ac.id.

Luluk juga menceritakan, dia bersama tim harus mengikuti enam tahap seleksi hingga dinyatakan lolos ke tingkat nasional KDMI 2023. Tim lainnya yang juga melanjutkan perjuangan ke tingkat nasional adalah, Universitas Lampung, Universitas Teknokrat Indonesia, dan Universitas Sriwijaya. “Selanjutnya, Universitas Gunadarma Palembang, ada peserta dari Aceh, Medan, Bangka Belitung, dan Riau. Alhamdulillah, kita (IIB Darmajaya) masuk delapan besar dan ikut lolos ke tingkat nasional. Target kami masuk 10 besar nasional. Di tingkat nasional akan digelar di Untirta Banten sebagai tuan rumah,” kata Luluk optimis.

Luluk mengaku, keikutsertaannya dalam KDMI tahun ini merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya, pada 2021, dia bersama tim IIB Darmajaya lainnya belum dapat melaju ke putaran final karena terhenti di kompetisi wilayah. Pada tahun 2022, tim IIB Darmajaya berhasil lolos ke putaran final, tetapi tidak sampai masuk 10 besar final. “Mudah-mudahan tahun ini dapat masuk ke final dan masuk 10 besar nasional,” kata mahasiswi semester 7 ini.

Sementara itu, Wakil Rektor 3 IIB Darmajaya mengucapkan syukur alhamdulillah atas capaian tim debat IIB Darmajaya yang lolos ke tingkat nasional KDMI 2023. “Ini patut kita apresiasi, terlebih lawan-lawan berat juga menanti di tingkat nasional. Kuncinya, banyak belajar dan tidak gugup saat tampil di putaran final mendatang,” kata Muprihan.

Muprihan juga mengatakan dua tahun berturut-turut IIB Darmajaya mampu berbicara pada KDMI tingkat wilayah, walau lawan mahasiswa kampus the best ini bukan dari kampus sembarangan. Dari Lampung saja, kata dia, ada kampus negeri seperti Unila, Itera, UTI dan kampus lainnya. “Dan, yang masuk ke tingkat nasional hanya tiga kampus dari Lampung, salah satunya IIB Darmajaya. Semoga tahun ini kita dapat berbuat lebih untuk nama IIB Darmajaya khususnya, dan Lampung pada umumnya,” kata dia. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *