Senin, Februari 26, 2024
Pringsewu

Bersih Desa Pekon Banyuwangi Gelar Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk

 

Pringsewu, hariansatelit.com

Dalam rangka memeriahkan peringatan bersih Desa, Pekon Banyuwangi, kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu Minggu (13/08/2023) menggelar paguyuban wayang kulit, dengan lakon “Bimo Suci”

Hadir dalam acara malam itu, Ki dalang Gondo Sutikno dari Gaya baru, camat Banyumas H.M. Hartoyo S,Pd.,MM, kepala pekon Banyuwangi Aris Bintoro, Ketua APDESI kecamatan Banyumas Wasino, serta Kepala Pekon sekecamatan Banyumas.

Camat Banyumas Hartoyo dalam sambutannya mengatakan pagelaran wayang kulit ini merupakan bentuk hiburan rakyat berkenaan dengan hari bersih Desa/Pekon Banyuwangi.

Mudah mudahan tontonan ini akan menjadi tuntunan bagi kita semua.

Mari kita bersatu ,saling bahu membahu untuk membangun Pekon Banyuwangi agar  bisa lebih maju lagi,” ucapnya.

Sementara kepala Pekon  Banyuwangi Aris Bintoro  dalam sambutan nya mengatakan  Pagelaran wayang  kulit ini bisa terlaksana berkat kerja keras panitia.

Oleh sebab itu dalam kesempatan ini saya mengapresiasi kerja keras mereka, kecuali itu saya juga mengucapkan terimakasih kepada aparatur Pekon Banyuwangi beserta masyarakat yang telah mendukung sukses nya acara bersih Desa ini.

Selanjutnya,Aris juga berharaf dalam peringatan bersih Desa ini akan mendapatkan berkah dari Allah SWT, sehingga masyarakat Pekon Banyuwangi bisa menjadi makmur dan sejahtera,” tukasnya.

Meski cuaca yang dingin malam itu,tidaklah menyurutkan,para pencinta wayang kulit dalam mengikuti jalannya Ceritera Lakon Bimo suci oleh Ki,dalang Gondo Sutikno.

Salah satu pecinta wayang kulit Mbah dirun,kepada media ini mengaku sangat terhibur dengan adanya hiburan wayang ini.

Mbah dirun berharaf kesenian ini akan tetap bertahan pada era yang akan datang, dia juga menghimbau agar para kaula muda juga ikut berpartisipasi dalam melestarikan paguyuban wayang kulit ini,” pintanya. (Sanusi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *