Senin, Februari 26, 2024
Bandar Lampung

Sekdaprov Fahrizal Tekankan Pentingnya Pers Sehat dan Wawasan Kebangsaan dalam Mendukung Demokrasi dan Pembangunan Daerah

 

Lubuk.linggau,hariansatelit.com

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, menyampaikan pentingnya pers sehat dan wawasan kebangsaan bagi para wartawan. Hal tersebut disampaikan ketika menjadi narasumber pada acara peringatan HUT ke-77 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Hari Pers Nasional (HPN) serta Porseniwada tahun 2023 yang digelar di Ballroom Grand Zuri Hotels, Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, pada Sabtu (5/8/2023).

Sekdaprov Fahrizal mengatakan bahwa untuk mewujudkan pers yang sehat, mendukung demokrasi berkualitas, dan pembangunan daerah yang maju, wartawan tidak hanya perlu lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW), tetapi juga harus memiliki wawasan kebangsaan yang kuat.

Menurutnya, kesehatan pers, kualitas demokrasi, dan kemajuan daerah memiliki keterkaitan yang erat satu sama lain. Dengan pers yang sehat, demokrasi dapat berkembang dengan baik, dan pembangunan daerah dapat berjalan maju dan berkualitas.

“Ketika pers kita sehat, maka demokrasi berkualitas dan pembangunan daerah akan berkembang dengan baik,” ujarnya.

Fahrizal juga menekankan pentingnya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi para wartawan dan wawasan kebangsaan menjadi hal yang tak kalah penting. Para insan pers harus memiliki kemampuan untuk merajut persatuan dan memperkuat kebhinekaan dalam melaksanakan tugas jurnalistik.

“UKW menjadi dasar untuk mendirikan pers yang sehat, tetapi wawasan kebangsaan juga harus dimiliki agar pers dapat berkontribusi dalam mempererat persatuan dan kebhinekaan,” tegas Sekdaprov Fahrizal.

Lebih lanjut, Fahrizal menjelaskan bahwa tujuan utama kehidupan bernegara adalah melindungi seluruh rakyat Indonesia dan menghargai keberagaman budaya Indonesia, serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam hal ini, peran pers sangatlah penting, karena pers dapat membantu masyarakat memahami hak-hak mereka dan meningkatkan kesejahteraan dengan memberikan informasi yang memadai.

“Masyarakat membutuhkan informasi yang memadai untuk memajukan kesejahteraan umum, melihat peluang-peluang, dan melakukan inovasi. Insan pers berperan besar dalam menyediakan informasi tersebut,” ungkapnya.

Fahrizal juga menegaskan bahwa pers berperan dalam mencerdaskan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Oleh karena itu, pers yang sehat tidak hanya memiliki UKW, tetapi juga memiliki wawasan yang memadai untuk berkontribusi secara positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, yang menyampaikan apresiasinya terhadap peran PWI dalam menjaga eksistensinya di era yang penuh tantangan. Gubernur berharap PWI terus berkembang dan semakin baik, dengan tema yang diangkat pada peringatan kali ini, yaitu “Pers Sehat, Demokrasi Berkualitas, Pembangunan Daerah Maju”.

Dalam menghadapi masa depan yang penuh perubahan dan tantangan, Gubernur berharap para wartawan telah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk menjaga kualitas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas jurnalistik mereka, sekaligus mematuhi kode etik jurnalistik.

Acara peringatan HUT ke-77 PWI/HPN dan Porseniwada 2023 juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, dan Wakil Sekjen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Suprapto Sastro Atmojo.

Semua pihak berharap bahwa dengan semakin berkualitasnya pers, demokrasi dan pembangunan daerah akan semakin maju dan berdampak positif bagi seluruh masyarakat Indonesia. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *