Senin, Juli 15, 2024
Metro

Arinal Resmikan Rumah Sakit Hewan Pertama di Provinsi Lampung

Metro,hariansatelit.com

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan UPTD Rumah Sakit Hewan yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman No.155 Kota Metro, Selasa (27/02/2024).

Pendirian UPTD rumah sakit hewan di Kota Metro ini merupakan inisiasi murni dari Pemerintah Kota Metro dan secara teknis berada dibawah Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Metro.

UPTD RS Hewan ini merupakan peningkatan status dari Puskeswan, oleh karena itu Rumah Sakit Hewan Kota Metro akan menjadi Rumah Sakit hewan rujukan dari Puskeswan-puskeswan se-provinsi Lampung serta dapat menjadi rujukan dari para Dokter hewan praktek mandiri maupun klinik bersama, serta dapat menjadi Rumah Sakit Hewan pendidikan, dimana calon-calon dokter hewan disekitar Lampung dapat melakukan coass.

Peresmian UPTD RS Hewan sendiri bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui kesejahteraan hewan serta meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, sehingga hewan peliharaan dapat terjaga kesehatannya dan mampu menjaga terjadinya penyebaran penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya (zoonosis) di Kota Metro dan sekitarnya.

Gubernur dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya atas pembangunan Rumah Sakit Hewan yang merupakan Rumah Sakit Hewan pertama di Provinsi Lampung.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya mengucapkan seiamat disertai ucapan terima kasih dan penghargaan kepada saudara Wali Kota Metro, dan semua pihak yang telah berhasil membangun dan menghadirkan Rumah Sakit Hewan pertama di Provinsi Lampung,” ucapnya.

Gubernur mengharapkan dengan dibangunnya Rumah Sakit Hewan Pertama di Provinsi Lampung akan memberikan manfaat bagi pelayanan kesehatan hewan dan pembangunannya terus dapat dikembangkan.

“Alhamdulilah, Allah SWT-Tuhan Yang Maha Kuasa mengabulkan niat dan cita-cita baik kita, dan akhirnya berdirilah Rumah Sakit Hewan yang pertama kali di Provinsi Lampung dan Insya Allah akan terus berkembang di tahun-tahun yang akan datang,” ucapnya.

Gubernur juga berharap Pemerintah Daerah dapat meningkatkan produktivitas dan mengembangkan ternak diwilayahnya.

“Saya ingin metro ini bisa lebih bangkit lagi, karena SDMnya sangat memadai, potensi alamnya sangat memadai,” lanjutnya.

Gubernur juga berharap Puskeswan-puskeswan yang sudah ada di Provinsi Lampung mampu meningkatkan kualitas pelayanannya baik untuk ternak produktif maupun hewan peliharaan.

“Saya berpesan kepada Pemerintah Kota metro maupun organisasi perangkat daerahnya untuk terus memberikan perhatian kepada hewan, baik hewan ternak produktif maupun hewan kesayangan sehingga saya harapkan semakin mudah pelayanan kita dalam rangka kedekatan kita terhadap masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu Walikota Metro Wahdi Siradjuddin juga menyampaikan perlunya sinergitas dan kolaborasi seluruh pihak dalam mengembangkan RS Hewan ini.

“Tentu juga dibutuhkan sinergitas, kolaborasi dan tentu dalam hal ini multidisiplin keilmuan sehingga kita betul-betul dapat mengembangkan RS hewan ini sebaik-baiknya. Kita bisa melakukan hal-hal yang lebih baik lagi untuk memberikan pelayanan kesejaheteraan kepada masyarakat,” lanjut Walikota.

Peresmian UPTD Rumah Sakit Hewan Kota Metro ditandai dengan penurunan tirai dan pemotongan pita oleh Gubernur Lampung didampingi Walikota Metro dilanjutkan dengan peninjauan vaksinasi hewan gratis. (Hendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *