Senin, Juli 15, 2024
Lampung Barat

Truk Fuso Terperosok Longsor, Jalur Liwa-Krui KM 17 Lumpuh

Lampung Barat, hariansatelit.com

Jalur Liwa-Krui, Kabupaten Lampung Barat (Lambar)-Pesisir Barat (Pesibar) di kilometer (KM) 17 lumpuh, akibat ada kendaraan truk Fuso terperosok di lokasi tanah longsor, Rabu (31/1/2024).

Kasat Lantas Polres Lambar Iptu David Pulner mendampingi Kapolres AKBP Ryky W Muharram menjelaskan kendaraan roda enam (R6) atau Fuso yang terperosok di lokasi longsor kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) di Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat selesai dievakuasi pukul 15:00 WIB, Rabu (31 Januari 2024).

Kendaraan berhasil dievakuasi setelah seluruh muatan yang berisi batang kayu sengon dibongkar. Saat ini, lalu lintas dari arah Liwa menuju Krui maupun sebaliknya sudah dapat dilalui seluruh kendaraan.

Mengingat kendaraan tersebut bermuatan berat dan bagi yang akan melintas jalur Liwa-Krui untuk mencari jalan alternatif.

“Untuk evakuasi akan dilakukan secepatnya, tapi sementara agar pengguna jalan bisa mencari jalan alternatif lainnya, terkecuali akan menunggu evakuasi selesai,” katanya.

Akan tetapi, karena badan jalan yang masih sempit karena tumpukan material longsor, maka petugas menerapkan sistem buka tutup jalan guna mengurai kemacetan.

Di lokasi, tampak satu unit alat berat jenis Backhoe Loader dikerahkan untuk kembali membersihkan material longsor guna memperluas badan jalan
Kasat Lantas Polres Lampung Barat, Iptu David Pulner mengatakan, Truk Fuso yang terperosok sejak pukul 05:00 WIB itu telah berhasil dievakuasi pukul 15:10 WIB.

Sehingga antrean kendaraan baik dari arah Liwa maupun dari arah Krui, perlahan mulai dapat meneruskan perjalanan. “Evakuasi sudah selesai, kemacetan perlahan terurai dan kami masih memberlakukan sistem buka tutup jalan, jadi kendaraan dari dua arah harus bergantian,” singkat dia.

Sementara dari pantauan sejumlah kendaraan R4 dan R6 yang sebelumnya mengular di sepanjang jalur tersebut sudah kembali melanjutkan perjalanan. Termasuk beberapa kantong parkir yang terisi kendaraan mulai lengang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *