Jumat, Maret 1, 2024
Pesawaran

Gubernur Arinal Ajak Umat Kristiani Tingkatkan Semangat Kerukunan Antar Umat Beragama

Pesawaran, hariansatelit.com

Gubernur Arinal Djunaidi menghadiri Perayaan Natal Oikoumene Provinsi Lampung Tahun 2023, di Gedung Adora Pesawaran, Jumat (12/1/2024) malam.

Gubernur Arinal dalam kesempatannya mengucapkan Selamat Natal kepada umat Kristiani yang telah merayakan Natal Oikoumene tahun 2023. Acara Natal Oikoumene ini, kata Gubernur, menjadi momentum luar biasa dimana berbagai denominasi dan komunitas agama berkumpul untuk merayakan keragaman dan meresapi makna perdamaian.

Lampung merupakan provinsi yang kaya akan keberagaman budaya dan agama. Oleh karenanya menurut Gubernur, sudah seharusnya masyarakat berbangga atas semangat toleransi dan gotong royong yang sudah ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui perayaan Natal Oikoumene Ini, mari kita tingkatkan lagi semangat saling menghormati dan memahami antar umat beragama,” ajak Gubernur.

Gubernur selanjutnya mengajak seluruh umat Kristiani untuk merenungkan pesan Natal, yaitu pesan kasih dan perdamaian. Gubernur mengajak umat untuk merenung bersama tentang pentingnya menjaga kerukunan umat beragama, terutama dalam situasi penuh tantangan seperti masa menjelang pemilihan umum.

“Perlu diingat bahwa perbedaan pendapat dan pilihan adalah hal yang wajar dalam sebuah demokrasi. Mari kita bersama-sama menjaga kerukunan dan memperlakukan perbedaan sebagai kekayaan yang memperkaya kita sebagai masyarakat,” kata Gubernur.

Gubernur juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus berkomitmen dalam menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman, sehingga setiap langkah senantiasa membawa keberkahan bagi seluruh warga Lampung.

Sementara itu, Ketua FKUB Provinsi Lampung Moh. Baharuddin, mengajak seluruh umat Kristiani untuk menjaga dan merawat kerukunan di Provinsi Lampung.

Berdasarkan data Puslitbang Kementerian Agama, Indeks Kerukunan Umat Beragama di Provinsi Lampung di tiga tahun terakhir terus mengalami peningkatan, yaitu 72,4 (2021), 72,7 (2022) dan 73,3 (2023).

Menurut Moh. Baharuddin, hal tersebut merupakan salah satu keberhasilan Gubernur Arinal dalam menciptakan suasana kerukunan sehingga Provinsi Lampung selalu dalam kondisi aman, rukun dan kondusif.

Ketua Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Wilayah Lampung, Pdt. Samuel Sitompul, didampingi Uskup Keuskupan Tanjung Karang, Mgr. Vinsensius Setiawan Triatmojo, menyampaikan ucapan Selamat Natal kepada seluruh Umat Kristiani di Provinsi Lampung.

Pdt. Samuel Sitompul mengajak umat kristiani di Provinsi Lampung untuk ikut berkontribusi dan memberikan yang terbaik bagi kemajuan Lampung, melalui talenta dan profesi yang dimiliki masing-masing umat.

“Kami tahu bahwa umat kita banyak yang berprofesi sebagai pendidik. Maka didiklah semuanya demi mencerdaskan kehidupan anak bangsa kita. Mari kita jaga keberagaman ini,” kata Ketua PGI Lampung. (Farizi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *