Sabtu, Juni 22, 2024
Way Kanan

Pemkab Way Kanan Jalin MoU dengan IIB Darmajaya

Bandar Lampung,Hariansatelit.com

Sinergitas dalam membangun pendidikan di Provinsi Lampung terus dilakukan Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, salah satunya melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Way Kanan.

Kerjasama ini dilakukan dengan memulai penandatanganan kerjasama antara kedua pihak di Aula Rektorat Lantai 3, pada Selasa (9/1/24). Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M. yang langsung menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) juga didapuk untuk memberikan kuliah umum “Transparansi Akuntabilitas Publik” kepada mahasiswa The Best IIB Darmajaya.

“Kami menyambut baik dengan adanya MoU dan ini bukan pertama kali berkunjung ke kampus ini,” ucap dia dihadapan Rektor dan Civitas Academica IIB Darmajaya.

MoU ini, lanjut dia, juga sejalan dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang ditetapkan di Way Kanan yaitu Sumberdaya Manusia dan Ekonomi. “Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi pasca Covid dengan memiliki kemampuan SDM yang mumpuni. Ini adalah ide yang cukup baik. Kenapa sumberdaya manusia karena dalam membangun pemerintahan di kabupaten yakni dibutuhkan sumberdaya manusianya harus baik,” ungkapnya.

Seperti penanganan stunting, Raden Adipati Surya mencontohkan bahwa bila memiliki SDM yang baik dan berkompeten maka penanganan dapat diatasi dengan baik. “Ini mungkin juga tidak diperhatikan oleh kepala daerah (lain) tetapi fokus ke dalam pembangunan infrastruktur. Tetapi tidak hanya infrastruktur saja yang harus diperhatikan,” kata dia.

Raden Adipati Surya menyampaikan terima kasih kepada IIB Darmajaya. “Jangan hanya tandatangan tetapi harus ada pelaksanaan programnya. Saya berharap tidak MoU saja tetapi turunannya. Ini yang menjadi harapan saya dengan IIB Darmajaya,” ujarnya.

Dalam pemaparan kuliah umum, Bupati Dua Periode ini juga menerangkan pelayanan publik di Kabupaten Ramik Ragom. Era digitalisasi juga menjadi salah satu faktor pendukung pelayanan publik dapat lebih efektif dan efisien.
“Tidak bisa lagi masyarakat menitipkan berkas karena mereka dapat melakukan pengurusan sendiri dengan cepat.

Jadi tidak lagi karena kenalan ini atau saudara saya bisa diurus cepat karena semua sesuai prosedur,” imbuhnya.
Raden Adipati Surya berharap IIB Darmajaya dapat membantu pengembangan sistem informasi di Kabupaten Way Kanan. Juga menggelar studi pendidikan, workshop dan peningkatan sumber daya manusia.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., siap mendukung dan bersinergi dengan Pemkab Way Kanan. Tidak hanya Way Kanan tetapi IIB Darmajaya juga telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Bandarlampung, Pesawaran, Polda Lampung, serta dunia usaha dan dunia industri. “Ini tidak lain karena komitmen kami dalam mencerdaskan masyarakat dan anak bangsa,” ucap dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Tanpa peran dari Pemerintah Kabupaten, lanjut dia, IIB Darmajaya tidak akan berkembang lebih maju dan unggul. “Kami sangat berharap bahwa bapak bupati mengirimkan ASNnya untuk kuliah di Darmajaya dan memberikan beasiswa ke masyarakat Way Kanan yang ingin studi di Darmajaya. Karena dalam mengangkat taraf hidup masyarakat dengan higher education,” pungkasnya. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *