Jumat, Juli 26, 2024
Pesawaran

Caleg DPRD Lampung Andy Roby Kembali Bina Petani diDesa Trirahayu

Pesawaran, hariansatelit.com

Calon anggota legislatif (Caleg)
DPRD Provinsi Lampung asal PDIP Andy Roby, SH  ,Rabu (10/01/2024) kembali  berikan pembinaan kepada komunitas petani di Desa Trirahayu kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran..

Kehadiran Caleg  dengan nomor urut 8 itu disambut bapak bapak petani beserta ibu ibu kelompok wanita tani (KWT) Desa setempat.

Salah satu petani  Sadiman Kepada media ini ,mengatakan kehadiran  Andy Roby ini merupakan  yang kedua kalinya di Desa Trirahayu.

Belum pernah bang,  Caleg yang memiliki segudang ilmu pertanian seperti bang Roby, dan mau turun langsung ditengah tengah komunitas petani ,kata Sadiman.

Lalu,lanjut nya banyak sekali konsep bertani yang diberikan kepada kami, yakni mulai dari pengolahan lahan yang baik, pemilihan bibit yang benar,
Penyemaian padi,penanaman, perawatan rutin tanaman, pemupukan,pengendalian hama  penyakit, hingga ke pemanenan.
dan pemasaran hasil panen.

Bahkan tidak cukup disitu,bang Roby akan senantiasa mendampingi komunitas tani kami ini, beliau akan datang setiap dua bulan sekali untuk mberikan pembinaan.”ucap Sadiman”.

Hal senada juga disampaikan Kusanadi,benar bang kecuali yang diungkap Pak Sadiman tadi, bang Roby juga berencana  setiap dua Desa akan dibuatkan alat untuk memproduksi Asap cair dengan bahan baku tongkol/janggel jagung.

Asap cair merupakan formula yang bermanfaat untuk perkembangan pertumbuhan tanaman , pengendalian hama penyakit,serta bermanfaat dalam memenuhi kekurangan pupuk hingga 15,persen “ucap Kusnadi”.

Sementara Andy Roby, SH  saat di konfirmasi media ini,mengatakan ya benar kehadiran saya di Desa Trirahayu ini untuk memenuhi undangan komunitas petani dan ibu ibu kelompok wanita tani dan ini sudah menjadi agenda rutin bulanan.

Bang Roby juga mengaku rencana  pembuatan alat produksi asap cair disetiap dua Desa  akan diberikan satu unit alat produksi asap cair.

Hal ini bertujuan sebagai pemanfaatan limbah yang selama ini dibakar begitu saja. Padahal banyak manfaat nya,dalam mendukung pertumbuhan tanaman, pengendalian hama serta bermanfaat untuk menutupi kekurangan pupuk hingga 15 persen,” papar nya.

Mudah mudahan apa yang sudah saya paparkan tadi ,akan membawa manfaat, bagi masyarakat di Trirahayu khususnya dan masyarakat Pesawaran umumnya.

Saya  juga berkeinginan, dengan pertemuan seperti ini, para petani akan semakin kompak, sebab hanya dengan kekompakan.itu lah cara untuk menuju kesuksesan.”tukasnya. (SANUSi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *