Jumat, Mei 24, 2024
Lampung Barat

Tim Yansos Jejama Pemprov Lampung Jangkau Penyandang Disabilitas di Lambar

Lampung Barat,hariansatelit.com

Tim Pelayanan Sosial Jejaring Masyarakat (Yansos Jejama) Pemerintah Provinsi Lampung menjangkau penyandang disabilitas Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Jumat (15/12/2023).

Penjangkauan dan rehabilitasi sosial yang diberikan langsung tersebut, dipusatkan di Balai Pekon Sebarus, Kecamatan Balik Bukit.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung melalui Sekretaris Drs. Wiwied Priyanto M.IP, yang hadir dalam kesempatan itu menyampaikan, Pelayanan Sosial Jejaring Masyarakat (Yansos Jejama) adalah kegiatan jemput bola.

“Program Yansos Jejama adalah kami melakukan “jemput bola”, jadi tim mencari dan mendatangi para penyandang disabilitas langsung, di desa dan kecamatan untuk diberikan layanan rehabilitasi yang sama seperti layanan di dalam panti, sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dinas Sosial Provinsi Lampung,” ujar Sekdin.

Wiwied menambahkan, program Yansos Jejama yang saat ini dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung, diharapkan dapat dijadikan role model, menjadi acuan pemerintah Kabupaten Kota, untuk bisa melaksanakan hal yang sama, sebagai upaya pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Tim Yansos Jejama terdiri dari tenaga medis (dokter) RSU Abdoel Moeloek, Perawat Kejiwaan dari RSJ, Psikolog dan pekerja sosial, bekerja diawali dengan pemeriksaan oleh tim medis untuk menentukan derajat kedisabilitasan, dilanjutkan assesment oleh psikolog dan pekerja sosial, yang hasilnya dalam bentuk rekomendasi jenis intervensi yang diberikan kepada penyandang disabilitas.

Dalam program Yansos Jejama di Kabupaten Lampung Barat, dilaksanakan juga penyerahan alat bantu disabilitas berupa kursi roda sebanyak 13 buah,
Alat Bantu Dengar (ABD) 2 buah,
Tongkat netra 1 buah, Kruk 2 buah, dan
Tripod 2.

Pelaksanaan kegiatan itu sesuai dengan misi ketiga Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, dan penyandang disabilitas, guna mewujudkan rakyat Lampung berjaya.

Atas kepeduliannya terhadap penyandang disabilitas, Pemerintah Provinsi Lampung mendapat penghargaan dari Komisi Nasional Disabilitas RI, yang pertama di Indonesia.

Sementara itu, Rudikin, salah satu penerima bantuan kursi roda mengucapkan terima kasih kepada pak Gubernur Lampung Arinal Djunaidi karena telah diberi bantuan kursi roda.

“Perkenalkan nama saya Rudikin, saya mengucapkan terima kasih sudah diberikan bantuan kursi roda,” ujar Rudikin.

Hal senada juga diucapkan Ibu Yani, yang mendapat bantuan Kruk, dari program Yansos Jejama. Ia juga mendoakan semoga Gubernur Lampung Arinal Djunaidi selalu diberikan kesehatan.

“Terima kasih bantuannya Pak Gubernur, semoga selalu sehat, amiin,” ucap Yani seraya tersenyum.

Perlu diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Lampung Barat, Camat Balik Bukit, Bhabinkamtibmas, serta tokoh masyarakat setempat (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *