Rabu, Juli 24, 2024
Bandar Lampung

Sekdaprov Lampung Pimpin Rapat Koordinasi Persiapan Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Gubernur Lampung diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 2023 Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Natal Tahun 2023 dan Tahun baru 2024 di Ruang Pertemuan Hotel Horison, Jumat (15/12/2023).

Pada Rakor tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Lampung menyampaikan beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi Natal Tahun 2023 dan malam pergantian Tahun baru 2024, baik dari segi kesehatan, antisipasi kemacetan, kelangkaan BBM dan sembako, hingga kelancaran infrastruktur jalan dan pencegahan bencana.

Sekda juga menyampaikan pesan Gubernur, agar tenaga kesehatan di Provinsi Lampung dapat bersiaga guna mengantisipasi naiknya Covid seperti yang terjadi dibeberapa daerah di Indonesia.

“Saya minta agar Kadis Kesehatan memonitor Rumah Sakit dan perkembangan Covid di Lampung jangan sampai menyebabkan resiko-resiko terhadap kesehatan,” ucap Sekdaprov.

Selain itu Sekdaprov juga meminta agar Dinas BMBK dan Balai Jalan untuk memastikan agar seluruh kegiatan dijalan tidak menyebabkan kemacetan dan tidak ada lalu lintas yang terhambat.

Sekda juga menekankan agar seluruh jajaran pemerintah daerah dapat bekerjasama dan melakukan antisipasi-antisipasi yang diperlukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjadinya bencana atau kelangkaan pada BBM maupun Sembako.

“Destinasi wisata juga perlu kita lakukan antisipasi kemungkinan ada kemacetan, kemudian terkait BBM dan sembako supaya tidak terjadi kelangkaan, kemudian kita juga perlu siaga untuk mengantisipasi kalau terjadi bencana alam, mengingat dengan tingginya curah hujan, sehingga ada kemungkinan jalan terputus, banjir, longsor dan lain-lain, pemadam kebakaran juga siaga jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan,” imbau Sekda.

Sementara itu Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika dalam kesempatan tersebut menyampaikan langkah-langkah kamtibmas yang perlu dilakukan guna menghadapi peningkatan berbagai aktifitas masyarakat menjelang perayaan natal tahun 2023 dan tahun baru 2024.

Kapolda menyampaikan bahwa per tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024 Polda Lampung akan menggelar personel pengamanan di tempat-tempat ibadah dan mendirikan pos- pos pengamanan pada titik-titik rawan kriminalitas, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, serta pemberdayaan rest area yang ada di jalan tol dan jalan lintas Sumatera, agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan

“Untuk itu melalui rakor ini harapannya akan timbul adanya saran dan masukan serta solusi konstruktif, untuk meminimalisir kekurangan pada konsep rencana pengamanan dan dapat meningkatkan sinergitas diantara kita untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ucap Kapolda.

“Disamping itu, perlu kita ingat bersama juga, pada saat ini kita sedang terfokus pada pengamanan tahapan-tahapan pemilu serentak tahun 2024, dimana saat ini sudah masuk pada tahapan kampanye para calon,” lanjutnya.

Kemudian Kapolda juga mengungkapkan, bahwa dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam merayakan hari natal tahun 2023 serta tahun baru 2024, maka Polri khususnya Polda Lampung didukung dengan TNI, Pemerintah Daerah serta pemangku kepentingan lainnya akan melaksanakan Operasi Lilin Krakatau selama 12 hari yang direncanakan akan dimulai pada 22 Desember 2023 sampai dengan 1 Januari 2024.

“Saya yakin melalui koordinasi, komunikasi, kolaborasi dan sinergis yang baik, segala hambatan dan kekurangan dapat diselesaikan bersama-sama, saya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya rapat koordinasi lintas sektoral dan operasi lilin krakatau pada hari ini,” pungkasnya (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *