Kamis, Juni 20, 2024
Tanggamus

Pemkab Tanggamus Gelar Tanam Pohon dan Bersih-bersih di Pantai Muara Indah

Tanggamus, hariansatelit.com

Pemerintah Kabupaten Tanggamus melaksanakan Senam bersama Penanaman Pohon dan Bersih Pantai di Objek Wisata Muara Indah Kecamatan Kotaagung, Jumat (15/12/2023).

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang sering di laksanakan Pemerintah Daerah, dan ini merupakan langkah awal
untuk memberikan contoh kepada masyarakat agar lebih peduli kepada lingkungan pantai di Kabupaten Tanggamus.

Pj. Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan, mengatakan pantai yang ada di Tanggamus di harapkan tetap terjaga, terutama kebersihannya dan keberadaan sampahnya, kita ingin kedepan ada upaya yang teredukasi dimulai dari aparat kita peduli terhadap pantai kita.

Insyaallah pantai yang ada di Tanggamus terjaga kelestariannya, kita ingin pasir yang kita lihat di pantai itu benar-benar pasir bukan onggokan botol mineral, bukan juga onggokan bekas sampah yang berserakan dimana mana tetapi ingin mengembalikan fungsi lingkungan, ucapnya.

Gerakan ini dimulai dari gerakan kita , banyak komunitas yang sudah membangun terhadap lingkungannya dimulai dari komunitas anak sekolah. Kemudian turun kepada masyarakat sekitar sampai ke pihak terkait yang membidangi sampah.

Dilanjutkan, Pantai muara indah adalah destinasi wisata yang ada di Tanggamus. Tinggal bagaimana peran swasta mengelola pantai menjadi lebih rapih terutama keamanan, karena kalau mau menumbuhkan pariwisata dari keamanannya dulu kemudian nyaman untuk di kunjungi sampai terkesan untuk ada cerita dibawa pulang setelah berkunjung.

Selanjutnya, kedepan kegiatan ini akan terus berlanjut di pesisir pantai Kabupaten Tanggamus. Pihaknya akan bekerjasama dengan dengan komunitas untuk melakukan kegiatan bersih-bersih pantai di Kabupaten Tanggamus.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menggandeng anak-anak sekolah dalam aktivitas pembersihan pantai di Kabupaten Tanggamus.

Hal itu dilakukan agar para anak-anak dapat peduli dengan lingkungan pantai di Kabupaten Tanggamus. Kegiatan ini harus dilakukan secara berkelanjutan untuk mengurangi sampah di pantai ini,” ujarnya.

Pj juga mengatakan hal tersebut karena, cukup banyak sampah yang bertebaran di bibir pantai tersebut. Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Tambahnya, untuk masyarakat yang tinggal di hulu sungai untuk tidak membuang sampah di aliran sungai.
“Agar pantai ini selalu bersih masyarakat yang berada di hulu sungai tidak membuang sampah di sungai.

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan juga mengungkapkan, cinta lingkungan juga merupakan bagian dari ibadah.
“Kegiatan ini juga nanti akan dilakukan secara bergantian mulai dari pemerintah daerah, masyarakat, komunitas, dan anak-anak sekolah,” ucapnya.

Hadir juga Sekertaris Daerah., para Asisten, inspektur, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat, lurah, RAFI, Komunitas , dan pegawai dingkung Pemkab Tanggamus.(Fendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *