Jumat, April 19, 2024
Mesuji

Mesuji Raih Penghargaan ‘Kabupaten Terinovatif’ di IGA Tahun 2023

Jakarta, hariansatelit.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji menerima penghargaan Kabupaten Terinovatif dalam Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2023 dari Menteri Dalam Negeri, di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kemendagri-RI, Selasa (12/12/2023).

Penganugerahan IGA 2023 itu, diumumkan secara langsung, dan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A.,Ph.D., dan diikuti oleh Penjabat Bupati (Pj) Mesuji Drs.Sulpakar.MM., serta diikuti seluruh Provinsi, dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan harapannya agar inovasi yang telah di kembangkan, bukan hanya bermanfaat untuk daerah tersebut, tetapi juga memberikan ide kepada Kabupaten/Kota lainnya di indonesia. Sehingga, dapat menginspirasi dan memberikan motivasi kepada Kabupaten lainnya untuk terus mengembangkan inovasi daerahnya masing-masing.

“Kita ingin inovasi yang memiliki nilai jual yang tinggi yang dapat di publikasi ke media dan di kemas dengan baik sehingga masyarakat dapat mengetahui inovasi yang telah di buat dan dikembangkan di suatu daerah serta dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,”terang Mendagri.

Dalam Penganugrahan Penghargaan Innovative Goverment Award 2023, Kabupaten Mesuji masuk dalam Kategori Kabupaten Terinovatif dengan jumlah Inovasi sebanyak 110 Inovasi, dengan dua inovasi unggulan yakni ‘Payo Beladas’ dan ‘Pak Kur’.

Dalam kurun waktu lima belas tahun berdirinya Kabupaten Mesuji, baru tahun ini Mesuji masuk dalam kategori dan Pj Bupati Mesuji melakukan pemaparan langsung di hadapan dewan juri, pada beberapa waktu yang lalu di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di Jakarta. Diluar prediksi, Mesuji mampu bersaing dengan daerah lain yang ada di Indonesia dan mampu meraih penghargaan Kabupaten Terinovatif Tahun 2023.

Seusai penerima penghargaan, Pj Bupati Mesuji Sulpakar mengatakan, sebelum Kabupaten Mesuji pada tahun 2022 lalu masuk peringkat 36 nasional. Untuk tahun 2023 Mesuji masuk peringkat 16 nasional menerima penghargaan sebagai Kabupaten Terinovatif. Dimana sebelumnya juga Sulpakar sempat melakukan berbagai pemaparan mengenai pelayanan publik Bumi Ragab Begawe Caram itu di Jakarta.

“Alhamdulillah, yang kita paparkan di Jakarta waktu itu mengenai pelayanan publik yang terkoneksi dengan satu database, mendapat penghargaan kategori Kabupaten Terinovatif,” kata Sulpakar.

Sulpakar menjelaskan, ada 110 inovasi yang diusulkan, dua diantaranya masuk kategori inovasi unggulan yang dipaparkan waktu itu. Yakni, pelayanan administrasi kependudukan yang dinamai ‘Payo Beladas’ dan pelayanan ekonomi kerakyatan yakni Perluasan Akses Kredit Usaha Rakyat yang dinamai ‘Pak Kur’, dan masih banyak lagi inovasi daerah (Inovda) yang dipaparkan.

“Semua layanan itu, Insya Allah terkoneksi dengan satu database yaitu NIK atau KTP. Jadi, dengan adanya koneksi data NIK dan KTP, Pemkab Mesuji bisa memberikan intervensi dari semua bidang yang ada, seperti kemarin kan ada program Payo Beladas’ dan Pak Kur juga pelayanan kesehatan dan pelayanan lainnya,” papar Sulpakar.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung itu lantas tidak puas begitu saja dengan layanan dan pencapaian yang diberikan tersebut. Agar masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan terbaik dan intervensi tepat sasaran dari Pemkab Mesuji, ia menyatukan database menjadi data tunggal.

“Kedepannya, akan disiapkan pelayanan apapun akan menjadi single data. Ketika sudah menjadi single data, maka kebijakan Pemerintah Kabupaten Mesuji akan mudah terealisasi,” imbuhnya.

Untuk Provinsi Lampung hanya Kabupaten Mesuji yang mendapat penghargaan tersebut. Namun untuk tingkat Nasional ada 16 Kabupaten lainnya di Indonesia yang juga mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Terinovatif. (Yahumin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *