Minggu, Juni 16, 2024
Pringsewu

Caleg DPRD Lampung Andy Roby Sosialisasikan Konsep Bertani di Dua Pekon di Kecamatan Pardasuka

Pringsewu Hariansatelit.com

Calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Lampung, Andy Roby, SH dari Partai PDIP, Sabtu (09/12/2023) sosialisasikan konsep bertani di dua Pekon yang ada di kecamatan  Pardasuka Kabupaten Pringsewu

Kedua Pekon yang dikunjungi Caleg dengan Nomor urut 8 tersebut adalah  Pekon Selapan dan Pekon Sukorejo Kecamatan Pardasuka.

Dalam pertemuan di kedua Pekon tersebut, Caleg yang akrab disapa bang Roby itu,  mengatakan,pada dasarnya kunci keberhasilan dalam pertanian  adalah adanya kekompakan petani itu sendiri dan tercukupinya masalah pengairan.

Sebab kata Roby , Suatu Contoh bila petani tidak kompak dengan menanam jenis padi yang berbeda beda,maka akan sulit dalam pengendalian hama dan hasilnya pun tidak maksimal.

Kemudian , lanjutnya Sebagus apapun bibit dan pupuk yang kita miliki,apabila kebutuhan air terhadap tanaman tidak tercukupi maka hasilnya tidak akan maksimal .

Kemudian ,masih keterangan Roby, untuk memenuhi kebutuhan air bagi petani di Pringsewu ini,yang lebih maksimal adalah adalah adanya irigasi,dengan memanfaatkan air dari sungai Sekampung

Dan untuk daerah yang tinggi seperti pekon Selapan bisa memanfaatkan sumber mata air dari gunung dengan pemasangan pipa air.

Namun hal ini perlu adanya campur tangan dari pemerintah baik Kabupaten, Pemerintah Provinsi hingga ke Pemerintah Pusat itu sendiri “tuturnya”.

Kecuali masalah air,caleg yang sangat kental dengan ilmu pertanian itu juga mengenalkan bibit padi MSP 13 B, yang sudah terbukti keunggulan nya dan disaksikan ribuan orang saat acara panen raya pada tanggal 03 September 2023 yang lalu.

Salah satu anggota kelompok tani Pekon Selapan “Amin” kepada media ini mengaku sangat mengapresiasi kehadiran Caleg yang benar benar paham tentang pertanian.

Selama ini saya belum pernah ketemu Caleg yang benar benar paham terhadap pertanian,dan baru bang Roby lah sosok Caleg yang mau berbagi ilmu tentang konsep bertani yang benar”ucap Yono”

Hal Senada juga disampaikan “Manto ,anggota kelompok tani Pekon Sukorejo,dan menurutnya masih banyak lagi ilmu yang mereka  dapat kan dari bang Roby, seperti keunggulan jenis padi MSP 13 B, manfaat formula Asap cair dalam pengendalian hama serta bermanfaat untuk menutupi kekurangan pupuk hingga 15  persen”tukas nya”

Kemudian, lanjut Manto bang Roby juga memberikan penjelasan tentang manfaat buah Maja serta cara pengendalian hama wereng dengan menggunakan air tumbukan rumput”imbuh nya” (Sanusi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *