Sabtu, Februari 24, 2024
Bandar Lampung

Gubernur Arinal Ajak Semua Pihak Sukseskan Program Dapur Masuk Sekolah

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Gubernur Lampung diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Senen Mustakim menghadiri kegiatan Program Unggulan Kodam II Sriwijaya ‘Dapur Masuk Sekolah’ di Jajaran Korem 043 Gatam bertempat di Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Bhakti Dharma Pertiwi, Jumat (08/12/2023).

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya program ‘Dapur Masuk Sekolah’.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya mengapresiasi Pangdam II Sriwijaya beserta jajaran yang telah menjadi inisiator dan pelaksana program ini sebagai kepedulian nyata TNI dalam meningkatkan gizi dan kesehatan anak Indonesia utamanya dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045,” ucapnya.

Pada Tahun 2045, Indonesia akan masuk pada usia emas. Di saat itulah, Indonesia diharapkan bisa menjadi negara dengan pendapatan tinggi perkapita setara negara maju.

Bonus demografi pun bisa dicapai secara optimal, akan tetapi, capaian dari cita-cita tersebut hanya bisa didapatkan jika sumber daya manusia yang dimiliki berkualitas dan berdaya saing. Hal itu termasuk kualitas dari status kesehatan setiap individu di masyarakat.

“Untuk itu, pembangunan kesehatan yang sistematis dan berkesinambungan perlu digalakkan dan diupayakan oleh seluruh potensi bangsa Indonesia, baik masyarakat, swasta, maupun Pemerintah Pusat dan Daerah termasuk pula TNI,” ucap Gubernur.

Gubernur melanjutkan bahwa ‘Dapur Masuk Sekolah’ bukan sekadar program, tetapi sebuah upaya konkret untuk memastikan anak-anak mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi sebagai fondasi penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

“Dengan adanya Dapur Masuk Sekolah, kita tidak hanya menjamin aspek kesehatan, tetapi juga sebagai upaya untuk mendukung pencegahan stunting di kalangan anak-anak sekolah,” lanjutnya.

Permasalahan terkait stunting telah menjadi perhatian Pemerintah, karena itu pemerintah berupaya menurunkan jumlah kasus tersebut. Karena anak stunting tidak hanya terganggu pertumbuhan fisik, tetapi juga pertumbuhan otak. Efeknya, SDM menjadi tidak produktif yang berdampak pada terganggunya kemajuan negara.

“Alhamdulillah, terkait penanganan stunting, pencapaian prevalensi stunting pada balita di Provinsi Lampung sejak Tahun 2018 sampai dengan Tahun 2022 menunjukkan tren yang positif, dari 27,28% di Tahun 2016, menjadi 18,5% di Tahun 2021, dan 15,2% di Tahun 2022. Pencapaian di Tahun 2022 tersebut membuahkan hasil dengan menempatkan Provinsi Lampung di peringkat ke-3 sebagai provinsi dengan stunting terendah se-Indonesia,” jelasnya.

Gubernur menyampaikan bahwa pencapaian tersebut tentu menjadi kebanggaan bagi Provinsi Lampung, namun pencapaian ini jangan membuat Provinsi Lampung cepat berpuas diri.

“Masih ada target 14 persen yang perlu kita pastikan untuk kita capai di Tahun 2024. Saya yakin Insyaallah kita pasti akan mencapai hal tersebut,” ucapnya.

Diakhir, Gubernur mengajak seluruh pihak untuk turut serta ikut membantu dalam pelaksanaan ‘Program Dapur Masuk Sekolah’.

“Mari kita bersama-sama memberikan dukungan penuh program yang digagas oleh Pangdam II Sriwijaya. Saya mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk orang tua, untuk aktif terlibat dan mendukung kelancaran pelaksanaan ‘Dapur Masuk Sekolah’ Bersama-sama, kita dapat menciptakan generasi yang sehat, cerdas, dan berdaya saing tinggi dan terbebas dari stunting,” pungkasnya.

Sementara itu, Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin berharap melalui program ‘Dapur Masuk Sekolah’ ini dapat membantu masyarakat.

“Mudah-mudahan program ini dapat membantu masyarakat kita ke depan karena bagaimanapun anak-anak sekolah ini tanggung jawab kita bersama, para pemangku kepentingan para pejabat di daerah ataupun jajaran di TNI, Polri untuk membantu program pemerintah ini. Saya rasa kegiatan ini tidak ada jeleknya ya banyak mengandung nilai positifnya,” ucapnya.

Dalam kegiatan ini, Gubernur yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Senen Mustakim bersama Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin serta perwakilan Forkopimda dan segenap jajaran melakukan penanaman pohon dalam rangka menyambut HUT Komando Daerah Militer II/Sriwijaya ke-78 yang jatuh pada tanggal 1 Januari mendatang.(Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *