Sabtu, April 20, 2024
Bandar Lampung

Pemprov Lampung Berikan Penghargaan Kepada Sejumlah Kabupaten Dalam Implementasi Program KPB

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memberikan penghargaan Kartu Petani Berjaya – KPB Award 2023 kepada sejumlah stakeholder sekaligus Launching layanan E-Pasar Lelang pada aplikasi E-KPB di Ballroom Swiss-Belhotel Bandar Lampung, Rabu (06/12/2023).

Pelaksanaan KPB Award ini bertujuan untuk meningkatkan optimalisasi implementasi program Kartu Petani Berjaya, meningkatkan penerima manfaat sistem teknologi informasi Program KPB (aplikasi e-KPB) serta memberikan apresiasi/reward kepada stakeholder.

Gubernur menyatakan bahwa program KPB menjadi terobosan dalam mengatasi berbagai persoalan petani melalui strategi penyelesaian secara terstruktur, sistematis, dan terintegrasi dengan memanfaatkan sistem teknologi informasi.

KPB telah membuktikan sebagai program yang patut diunggulkan dan dibanggakan oleh masyarakat Lampung dengan segala solusi yang dimilikinya dan membawa kemudahan dalam membantu para petani di Lampung.

Menurut Gubernur, pengembangan Layanan Program KPB pun terus dilakukan guna memberikan pelayanan yang lebih optimal.

“Pada hari ini secara resmi diluncurkan program e-Pasar Lelang, untuk membantu mempromosikan dan memasarkan produk-produk pertanian, sehingga semakin melengkapi layanan jasa yang tersedia pada Aplikasi e-KPB,” terang Gubernur.

Selain itu, pada kegiatan KPB Award 2023 juga dilakukan penandatanganan MOU dengan Bank Syariah Indonesia terkait layanan permodalan bagi petani antara Pemerintah Provinsi Lampung dan Bank Syariah Indonesia.

“Dengan demikian, petani memiliki alternatif pilihan perbankan berbasis syariah disamping perbankan konvensional yang sebelumnya sudah ada pada aplikasi e-KPB. Semoga berbagai layanan pada aplikasi e-KPB dapat menjadi solusi bagi masalah-masalah yang dihadapi petani dan Program ini dapat terus berkelanjutan,” ucap Gubernur.

Lebih jauh, Gubernur menggungkapkan bahwa Program KPB telah banyak menorehkan prestasi, hal ini ditandai dengan diperolehnya beberapa penghargaan, antara lain : Pada tahun 2021 mendapatkan penghargaan Provinsi Terbaik dalam Inovasi Pengembangan Akses Keuangan di Sektor Pertanian, Piagam Penghargaan Pembangunan Daerah, dan Penghargaan Abdi Bakti Tani sebagai Provinsi Terbaik dalam Peningkatan Produksi Padi.

Kemudian, pada tahun 2022 mendapat penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Provinsi Pendukung Pelaksanaan Program Asuransi Pertanian.

Dan di tahun 2023 mendapat Penghargaan Adhikarya Nararya Pembangunan Pertanian, dan juga meraih Penghargaan KUR Award 2023.

Atas prestasi tersebut, Gubernur Arinal Djunaidi pun mendapatkan anugerah gelar Doktor Honoris Causa Bidang Ilmu Ekonomi oleh Universitas Lampung atas kontribusinya dalam pembangunan Lampung melalui Program Kartu Petani Berjaya.

Adapun Penganugerahan KPB Award Tahun 2023 diberikan kepada Kabupaten/Kota dan stakeholder lainnya dalam beberapa kategori, diantaranya Kategori Kabupaten/Kota Terbaik Implementasi Program KPB, Kategori Kabupaten/Kota Terbaik Sarana Prasarana Program KPB, dan Kategori Kabupaten/Kota Terbaik Pengelolaan Program KPB.

Kemudian Kategori Lingkup Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, Tanaman pangan, dan Hortikultura Kabupaten/Kota. Kategori Penyuluh Lingkup Ketahanan Pangan, Tanaman pangan, dan Hortikultura, Penyuluh Perkebunan, Penyuluh Kelautan dan Perikanan, Penyuluh Kehutanan, Kategori Kelompok Tani Pertanian, Kategori Kelompok Tani Perkebunan, Kategori Kelompok Perikanan, Kelompok Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kios Saprotan, Lomba Vlog, Film Pendek, Video Dokumenter, Kategori Nilai Transaksi Tertinggi e-pasar lelang tertinggi, dan Kategori Asuransi Usaha Tani Padi.

Adapun pemenang Penghargaan dan Apresiasi untuk Kabupaten/Kota dengan Kategori Terbaik Implementasi Program KPB diberikan kepada Kabupaten Pringsewu, Kategori Kabupaten/Kota Terbaik Sarana Prasarana Program KPB diberikan kepada Kabupaten Tanggamus, dan Kategori Kabupaten/Kota Terbaik Pengelolaan Program KPB diberikan kepada Kabupaten Lampung Tengah.

Pada kegiatan tersebut Gubernur juga memberikan penghargaan kepada Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung Irwan Sukri Banuwa atas jasanya menemukan metode untuk mencegah penyakit busuk pangkal batang pada tanaman Lada, sehingga Provinsi Lampung dapat mengembalikan kejayaannya sebagai Penghasil Lada terbesar di Indonesia.(Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *