Senin, Februari 26, 2024
Bandar Lampung

Serunya Mahasiswa dari Nusantara Buat Sekubal di Teluk Backyard Lampung

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Puluhan Mahasiswa yang menjalani Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 di Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya membuat ‘Sekubal’ makanan khas Lampung, dalam Modul Nusantara, di Restoran dan Kafe Teluk Backyard.Sabtu (2/12/2023)

Mahasiswa yang berasal dari Pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara dan Papua asyik mendengarkan paparan dari Chef Yeni Harnita. Mulai dari penyiapan bahan dasar ketan sampai proses pembuatan. Mahasiswa dibagi beberapa kelompok untuk mengikuti langkah-langkah pembuatan makanan khas yang disajikan saat Lebaran ataupun acara besar tersebut.

Didampingi PIC PMM 3 IIB Darmajaya, Indera, S. Kom., M.T.I., mahasiswa menggunakan sarung tangan plastik untuk membentuk sekubal lonjong yang dikukus dengan dibungkus daun. Setiap proses demi proses diperhatikan dengan serius dan langsung mempraktikkannya.

Mahasiswa sangat senang dan puas atas hasil buatannya tersebut. Tak hanya sekubal, beberapa waktu lalu mahasiswa juga mencoba masakan khas Lampung dengan tradisi “Nyeruit”Senin (4/12/2023)

Indera mengatakan kegiatan mahasiswa PMM 3 IIB Darmajaya untuk mengenal budaya tidak hanya tarian ataupun bahasa dan kesenian, tetapi mahasiswa juga mengenal dan merasakan masakan dan makanan khas Lampung. “Sekubal ini juga merupakan bagian dari makanan khas Lampung. Biasanya disajikan dalam acara adat atau acara besar juga dapat ditemukan ketika Lebaran,” ucap dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *