Sabtu, Juli 27, 2024
Tulang Bawang Barat

Pelaksanaan Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas (KARDIOVASKULER,DM,TB) Serta Kebugaran Jasmani

Pelaksanaan Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas (KARDIOVASKULER,DM,TB) Serta Kebugaran Jasmani

TUBABA -Harian Satelit.com
Penyakit tidak menular (PTM) Menjadi penyebab kematian dan kecacatan terbesar di Indonesia. Padahal sebenarnya, hal ini dapat dicegah dengan melakukan skrining resiko PTM sejak dini dan menerapkan gaya hidup sehat seperti yang dikampanyekan dalam gerakan masyarakat hidup sehat (Germas)

Deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) merupakan cara untuk mengetahui adanya faktor resiko PTM pada sasaran.deteksi dini berguna untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena PTM atau memiliki faktor risiko. dengan diketahuinya faktor risiko PTM secara dini pada seseorang maka pencegahan dan pengendalian dapat di lakukan sedini mungkin.

Kegiatan pelaksanaan Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas ( Kardiovaskuler, DM, TB ) serta kebugaran jasmani dibuka secara langsung oleh Dra. Hanita Farial firsada,M.Si ( ketua TP-PKK Kab. Tulang Bawang Barat) di dampingi oleh sekretaris dinas kesehatan Kab.tulang bawang barat beserta jajaran PKK kabupaten tulang bawang Barat.

Dalam pembentukannya Dra.Hanita Farial firsada,M.Si (ketua TP-PKK Kab. Tulang Bawang Barat) menyampaikan ” deteksi dini ini berguna untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena PTM atau memiliki faktor risiko.dengan diketahuinya faktor risiko PTM secara dini pada seseorang maka pencegahan dan pengendalian dapat di lakukan sedini mungkin.diharapkan dengan kegiatan ini, masyarakat dan institusi dapat memahami bagaimana mengetahui faktor risiko apa yang ada dalam diri seseorang dan dapat mengantisipasinya dengan mengubah gaya hidup agar lebih sehat secara mandiri.”

Kegiatan ini di laksanakan di dua tempat yaitu SMPN 1 tulang bawang barat dan SMP 2 tulang bawang barat.adapaun jumlah pesertanya 1600 siswa dan guru terbagi di 2 sekolah tersebut.

Kegiatan ini di laksanakan pada tanggal 13 November 2023 di SMPN 2 tulang bawang barat dan tanggal 14 November 2023 di SMPN 1 tulang bawang barat.pada kegiatan ini peserta siswa dan guru akan di deteksi dini PTM sesuai kelompok usia meliputi pengukuran indeks masa tubuh ( tinggi badan dan berat badan ), tekanan darah, dan pemeriksaan gula darah sewaktu,asam urat serta kolestrol. Dalam rangkaian kegiatan ini juga dilaksanakan senam sehat bersama.

Oleh karena itu di harapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini skrining atau deteksi dini faktor resiko PTM dapat terus di tingkatkan dan dilaksanakan secara berkala,sehingga angka kejadian PTM dapat di tekan.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *