Sabtu, Februari 24, 2024
Metro

Bawaslu Kota Metro Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024

Metro, hariansatelit.com

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Metro menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024 bersama seluruh Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu, di Samber Park, Selasa (21/11/2023).

Dikatakan Ketua Bawaslu Kota Metro, Badawi Idham kegiatan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024 guna menjaga komitmennya dalam melaksanakan kampanye dengan damai saat pelaksanaan pesta demokrasi.

“Kita berharap pada semua parpol dan calon bisa berkampanye secara damai aman dan masyarakat berbahagia dengan pesta rakyat 2024,” ucap Badawi.

Badawi juga mengungkapkan bahwa pihaknya bakal melakukan pengawasan mulai dari awal pelaksanaan kampanye hingga akhir Pemilu. Tak hanya itu, pelanggaran pemilu berupa praktek money politik juga tak luput dari sasaran pengawasan Bawaslu Kota Metro.

Walikota Metro H. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG (K), menyatakan atas nama masyarakat dan jajaran Pemerintah Kota Metro, saya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas terlaksananya kegiatan ini.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat meningkatkan peran serta kita bersama dalam mewujudkan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 yang aman tertib dan damai”,ucapnya.

Selanjutnya, ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian upaya bersama untuk dapat mewujudkan pelaksanaan pemilihan umum yang aman, tertib dan damai. Oleh karenanya peran serta kita bersama sangat menentukan sukses atau tidaknya pesta demokrasi tahun 2024.

“Sebagai salah satu bagian terpenting dari sebuah proses Pemilu adalah peran dan partisipasi masyarakat. Pertimbangan rasional, dengan menjadi pemilih cerdas perlu terus-menerus disosialisasikan, sehingga nantinya diharapkan dapat terpilih pemimpin dan wakil-wakil rakyat yang mempunyai integritas dan kualitas yang tinggi,” katanya.

Lebih lanjut, ia juga menyadari bahwa partisipasi politik merupakan tanggung jawab terhadap kehidupan bersama dalam lingkup suatu bangsa dan negara.

Sebenarnya proses pemilu secara tidak langsung menentukan pembuat kebijakan yang akan menyejahterakan masyarakat secara umum, selain itu partisipasi politik masyarakat yang tinggi, baik secara kuantitas maupun kualitas.

“Dengan demikian, Pemilu ataupun Pilkada akan dapat menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang mempunyai legitimasi yang kuat serta amanah dalam menjalankan tugasnya”, ujarnya.

Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho, S.I.K., M.I.K, mengatakan pada tahun 2024 akan ada agenda nasional, yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD kabupaten/Kota.

“Di mana hal itu merupakan momentum penting bagi bangsa kita. Dengan banyaknya kontestan atau peserta tentunya menghadirkan banyak pemilih sehingga menimbulkan dinamika di lapangan yang bisa membuat situasi menjadi kurang kondusif,” kata Kapolres.

Menurut Kapolres, Deklarasi Damai diharapkan menjadi semangat dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. (Hendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *