Sabtu, Juli 27, 2024
Tulang Bawang

Kemiskinan Ekstrem Tulangbawang Terendah ke 5 di Lampung

Tulangbawang, hariansatelit.com

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Lampung sudah kembali positif pada 2021. Bahkan, pada triwulan II-2022 ekonomi kita mampu tumbuh sebesar 9,12% yang merupakan pertumbuhan ekonomi triwulanan tertinggi di Indonesia. Pada triwulan II tahun 2023 ini, kalau dibanding triwulan I-2023 ekonomi kita juga terus mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi sebesar 8,15%.

Kabupaten Tulangbawang menyumbang capaian-capaian positif bagi Provinsi Lampung. Kinerja baik ditunjukkan dalam penurunan kemiskinan, yang tercatat sebesar 8,04% di tahun 2023, dan secara konsisten terus menurun dari tahun 2021 hingga 2023.

“Kemiskinan ekstrem Kabupaten Tulangbawang juga memiliki kinerja yang baik, tercatat sebesar 1.16%, berada di posisi 5 terendah di Provinsi Lampung,” kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tulangbawang, sekaligus bersilaturahmi dengan jajaran Forkopimda, pejabat struktural/ fungsional, camat, kepala tiyuh, dan tokoh masyarakat Kabupaten Tulangbawang, di GSG Gunung Sakti, Kabupaten Tulangbawang, Selasa (14/11/2023).

Dalam kesempatan itu, Arinal menyampaikan dua agenda penting terkait pembangunan Lampung.

Pertama, Arinal mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung cukup tinggi bersifat inklusif, karena berpengaruh langsung kepada penurunan angka kemiskinan, penurunan tingkat pengangguran, dan penurunan gini rasio.

Kemudian, angka stunting tahun 2019 Provinsi Lampung tercatat sebesar 26,26 persen dan semakin menurun menjadi 15,2 persen ditahun 2022. Provinsi Lampung masuk dalam kategori tiga besar Provinsi di Indonesia, dengan prevalensi stunting terendah secara nasional.

“Hal di atas diikuti pula prevalensi penurunan stunting Kabupaten Tulangbawang tahun 2022 tercatat sebesar 10,2%, peringkat ketiga terendah dari 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung. Kinerja baik tersebut, menyumbang capaian Provinsi Lampung menjadi terbaik ketiga Nasional dalam Penurunan Stunting Nasional tahun 2022,” ujar Arinal.

Dalam mendukung akses Perekonomian di kabupaten Tulangbawang, Arinal menjelaskan bahwa Tahun 2023 Pemerintah Provinsi Lampung akan melaksanakan Pembangunan dan pemeliharaan di beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi yaitu Pemeliharaan jalan Ruas Bujung Tenuk – Penumangan; Pembangunan Ruas Sp. Unit VIII Gedong Aji; Pembangunan Ruas Gedong Aji Umbul Mesir.

Sementara itu, Pj. Bupati Tulangbawang Qudrotul Ikhwan menyampaikan ucapan selamat datang kepada Gubernur Lampung di Kabupaten Tulangbawang.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Tulangbawang dan masyarakat Tulangbawang mengucapkan terimakasih dan penghargaan tinggi kepada Gubernur Lampung yang telah datang hadir langsung ke Tulangbawang,” ujarnya.

“Semoga kehadiran Bapak Gubernur dapat memberikan inspirasi, energi positif, dan motivasi kepada kami semua,” tambahnya. (Jamhori)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *