Minggu, Mei 19, 2024
Lampung Barat

Inspektorat Lambar Monev Dana Desa 10 Pekon

Lampung Barat, hariansatelit.com

Inspektorat Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Dana Desa (DD) Tahap l dan ll, serta Anggaran Dana Pekon (ADP) Triwulan l, ll, lll Tahun 2023. Tim terbagi menjadi beberapa bagian.

Tim melakukan monitoring yang meliputi pemeriksaan pembukuan (administrasi) dan kegiatan yang bersifat fisik tersebar pada 10 pekon di kecamatan tersebut.

Di Pekon Sidodadi tampak tim inspektorat bagi kegiatan ada yang melakukan pengecekan lapangan dan ada pula yang melakukan pemeriksaan administrasi di balai pekon setempat.

Peratin Sidodadi Anilah Ramayanti menyampaikan proses monev berjalan lancar baik kegiatan yang dilaksanakan di balai pekon maupun yang di lapangan seperti pemeriksaan fisik bangunan yang telah diselesaikan pengerjaannya.

Dia menyampaikan dalam monev tersebut tim melakukan pengecekan terhadap realisasi dan laporan kegiatan, apakah telah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan atau masih ada hal yang perlu diberikan perbaikan atau penataan.

“Tentunya dalam monev ini sifatnya adalah pembinaan pihak inspektorat melakukan pengecekan dan jika ditemukan ada ketidaksesuaian, kami dianjurkan untuk melakukan perbaikan hingga sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB),” tukasnya.

Sekedar diketahui satu hari sebelumnya Camat Pagar Dewa, Mat Patoni, S.Sos, M.Si., mengelola rakor dengan para peratin, juru tulis Dan kasi dalam rangka melakukan persiapan dan kesiapan menyambut monev tersebut.

Pihaknya mengarahkan pekon untuk betul-betul menyiapkan apa yang akan dilakukan pemeriksaan serta untuk tidak sungkan-sungkan berkoordinasi dengan pihak inspektorat jika ada kendala atau permasalahan baik di administrasi maupun dalam kegiatan di lapangan guna mendapatkan solusi dan arahan. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *