Kamis, Juni 20, 2024
Bandar Lampung

Pengukuhan Pengurus Forum Puspa, Upaya Tingkatkan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Perempuan dan Kaum Difabel

 

Bandar Lampung,Hariansatelit.com

Gubernur Lampung yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung, Fitrianita Damhuri, mengukuhkan Forum Komunikasi Partisipasi Masyarakat (FORUM PUSPA), bertempat di Ruang Abung Balai Keratun, Selasa (24/10/2023).

Forum Komunikasi Partisipasi Masyarakat (Forum Puspa) Provinsi Lampung Masa Bakti Tahun 2023-2026 di ketuai oleh Yuli Nugrahani, di dampingi oleh Handi Mulyaningsih selaku Wakil Ketua, Afrintina selaku Sekretaris dan Rahayu Sulistiowati selaku Bendahara.

Pengukuhuan didasari Keputusan Gubernur Lampung Nomor : G/556/V.09/HK/2023 tertanggal 25 September 2023.

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kadis PP dan PA Provinsi Lampung menyampaikan ucapan selamat atas kepada pengurus Forum PUSPA Provinsi Lampung masa bakti 2023-2026 yang baru saja dikukuhkan.

“Semoga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik, kami berharap Ke depan forum Puspa ini bisa menjadi Mitra pemerintah dalam menyelesaikan masalah-masalah yang mungkin selalu kita dengar di media terkait kekerasan pada perempuan dan anak,” ujar Gubernur.

Provinsi Lampung saat ini memiliki jumlah penduduk 9,1 juta jiwa lebih, dilihat dari komposisi jenis kelamin laki-laki berjumlah 46,5% dan perempuan 44,3%, secara rasio hampir berimbang antara jumlah perempuan dan laki-laki. Tetapi jika dilihat berdasarkan kelompok umur 30% nya adalah anak-anak, sehingga diperlukan peningkatan kontribusi perempuan dalam pembangunan dan pemenuhan hak anak yang menjadi prioritas penting dalam pelaksanaan pembangunan.

Hal ini sejalan dengan visi misi yang telah ditetapkan dalam RPJMD 2019-2024 yang tertuang dalam misi ketiga yaitu, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan dan kaum difabel.

Untuk diketahui bahwa pada tahun 2023 ini Provinsi Lampung kembali meraih penghargaan sebagai Provinsi Layak Anak yang telah diserahkan secara langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Penghargaan ini tentu merupakan kerja keras dan kontribusi, semua stake holder dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap seluruh Kabupaten/Kota di wilayah provinsi Lampung sehingga seluruh Kabupaten/ Kota mendapatkan predikat layak anak.

Forum Puspa ini merupakan wadah tempat berkumpulnya berbagai elemen partisipasi publik, di dalam forum Puspa ini ada 39 organisasi dan instansi yang menjadi anggota.

Sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan sektor pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Forum Puspa juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam hal peningkatan kualitas perempuan di sektor ekonomi maupun penanganan stunting. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *