Sabtu, April 20, 2024
Bandar Lampung

Gubernur Arinal Resmikan Pusat Studi Al-Qur’an Pada Peringatan HSN ke-8 Tahun 2023 

Bandar Lampung,hariansatelit com

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri acara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-8 Tahun 2023 dan Peresmian Launching Pusat Studi Al-Qur’an Provinsi Lampung di Swiss Bell Hotel, Senin (23/10/2023).

Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan.

Sejak ditetapkan pada Tahun 2015, setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk Tahun 2023 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema Jihad Santri Jayakan Negeri.

Secara historis tema tersebut mengandung makna bahwa pada masa silam, para santri memiliki peran yang besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Namun secara kontekstual, tema tersebut memiliki makna keaktifan para santri dalam berkontribusi untuk memajukan bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata. Hari Santri adalah milik semua masyarakat Indonesia. Milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

“Saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia,” ucap Gubernur Arinal Djunaidi dalam sambutannya.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Lampung yang saat ini sedang bersukacita merayakan Peringatan Hari Santri 2023,” lanjutnya.

Pemerintah Provinsi Lampung melalui program kerja Gubernur Lampung 2019-2024 telah menaruh perhatian serius dan menjadikan program peningkatan keagamaan sebagai program unggulan.

Banyak program yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung dalam peningkatan keagamaan, yang bertujuan untuk menjadikan Provinsi Lampung sebagai Provinsi yang keagamaan dan spiritualnya terjaga serta harmonis.

Peringatan Hari Santri Nasional ini dirangkaikan dengan pemberian penghargaaan Gubernur Lampung kepada Pemenang Lomba Kebersihan dan kesehatan lingkungan Pondok Pesantren dan penyerahan bantuan kepada tokoh-tokoh agama, hafidzh/hafidzah dan peserta didik siswa/santri se-Provinsi Lampung Tahun 2023.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba kebersihan dan kesehatan lingkungan pondok pesantren, penilaian ini bukan semata-mata tentang meraih juara. Lebih dari itu, belajar bersama untuk berbagi pengetahuan dan saling memotivasi dalam mengembangkan perilaku hidup sehat dan bersih,” ucap Gubernur.

Gubernur mengajak kepada seluruh peserta untuk menjadikan lomba ini sebagai momentum untuk meresapi dan menerapkan nilai-nilai kebersihan dan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari agar memberikan dampak positif bagi diri sendiri, lingkungan sekitar dan masyarakat secara luas.

Gubernur Arinal Djunaidi berharap kepada para penerima bantuan agar bantuan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya dalam upaya meningkatkan kualitas sarana dan prasarana tempat ibadah bagi masyarakat Lampung, mencerdaskan generasi qurani masyarakat Lampung serta meningkatkan kesejahteraan Hafidz-Hafidzoh dan para Santri Berprestasi di Provinsi Lampung.

“Kedepan kita akan terus berupaya menaikkan jumlah anggaran untuk bantuan dana hibah ini, tentunya kita sesuaikan juga dengan kemampuan keuangan daerah,” ungkapnya.

Gubernur juga mengatakan bahwa Pusat Studi Al-Quran Provinsi Lampung adalah salah satu agenda kerja utama yang bertujuan untuk membumikan nilai-nilai Al-Quran dan mendekatkan Al-Quran dengan masyarakat dalam rangka memperkuat pengamalan dan pengembangan Al-Quran. Dan juga diharapkan dapat memfasilitasi Masyarakat Lampung untuk mengembangkan dirinya, memberikan beragam forum kajian Al-Quran secara lebih mendalam dan luas.

Gubernur Lampung berpesan kepada seluruh Pengurus Pusat Kajian Al-Quran Provinsi Lampung, bahwa ini merupakan tugas yang berat. Hal itu disebabkan karena pertanggungjawaban Al-Quran tidak hanya kepada manusia, tetapi juga kepada sang pencipta alam raya. Oleh karenanya, harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti.

“Saya berharap kepada masyarakat untuk bersama-sama mendoakan agar pembangunan yang dilaksanakan saat ini, dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Mari kita singkirkan segala perbedaan dan bersama-sama meneruskan dan melanjutkan pembangunan di Provinsi Lampung,” pungkasnya.

Selanjutnya Gubernur Atinal Djunaidi didampingi Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Lampung Ir. Ria Andari, M.Pd. menyerahkan secara langsung penghargaan kepada pemenang lomba kebersihan dan kesehatan di lingkungan pondok pesantren se-Provinsi Lampung tahun 2023 sekaligus penyerahan bantuan bagi para tokoh agama, pengurus keagamaan, hafiszh/hafidzah dan para santri berprestasi.

Peresmian Peluncuran Pusat Studi Al-Qur’an Provinsi Lampung Tahun 2023 ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Lampung didampingi seluruh jajaran Forkopimda dan Pengurus Pusat Studi Al-Qur’an. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *