Sabtu, Februari 24, 2024
Lampung Selatan

Dana Desa Ketahanan Pangan, Pemdes Sidoharjo Bagikan 12 Ekor Kambing

Jati Agung, hariansatelit.com

Dalam rangka merealisasikan program ketahanan pangan dan hewani, Pemerintah Desa Sidoharjo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan menyerahkan 12 ekor kambing kepada warga, Senen (23/10/2023) pagi.

Alokasi dana desa (DD) untuk ketahanan pangan dialihkan dengan memberikan ternak pada kelompok masyarakat.

Setidaknya, 12 ekor kambing telah dibagikan kepada warga.

Kepala Desa Sidoharjo H. Slamet mengatakan, pemberian bantuan ternak ini selaras dengan pengalokasian DD untuk ketahanan pangan. Pemerintah desa (Pemdes) lantas memberikan bantuan kambing untuk kelompok masyarakat.

Dia berharap bantuan kambing tersebut bisa menjadi modal untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Kades mengaku, tak ingin hanya berfokus pada infrastruktur saja, akan tetapi juga perekonomian warga.

Program ketahanan pangan ini diharapkan memberikan manfaat pada ekonomi warga. Selain kambing bisa beranak pinak, warga juga bisa memanfaatkan dengan sistem gadu alias menitipkan untuk dipelihara.

Sementara itu, Koordinator Pendamping Kecamatan Rama Natha Yepi, SE mengatakan, plot alokasi DD tersebut sesuai dengan fokus pemerintah pusat, untuk pengentasan kemiskinan. Sehingga paling sedikit 40 persen DD harus dialokasikan untuk BLT DD dan minimal 20 persen untuk ketahanan pangan.

”DD diatur alokasinya untuk program perlindungan sosial berupa BLT DD minimal 40 persen, program ketahanan pangan dan hewani minimal 20 persen. Bisa untuk program pangan masyarakat, dan peningkatan perekonomian warga. Selain itu, DD juga dialokasikan untuk penanganan covid-19 minimal 8 persen. Sisanya, bisa dikelola mandiri oleh desa,” terangnya. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *