Jumat, Mei 24, 2024
Tanggamus

Peringati HSN, Bupati Minta Santri Kembangkan Kemampuan

Tanggamus, hariansatelit.com

Penjabat (PJ) Tanggamus Bupati Ir. Mulyadi Irsan, MTmenekankan pentingnya peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan yang menjadi motor penggerak kemajuan bangsa.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Ir. Mulyadi Irsan, MT saat menghadiri Peringatan Hari Santri nasional (HSN) Kabupaten Tanggamus di Lapangan Margodadi Kecamatan Sumberejo, Minggu (22/10/2023).

Turut hadir ketua PCNU Tanggamus Samsul Hadi, Hi. AM. Syafi’i, Kadis Kominfo Suhartono, Camat Sumberejo Suwarno, Babinsa Babinkamtibmas, Pengurus Ponpes dan para santri.

PJ menambahkan, hari santri bertujuan sebagai bahan refleksi bagi pemuda pemudi untuk terus meningkatkan kualitas diri para santri. Pj Bupati juga mengajak semua pihak untuk menjaga citra pesantren sebagai lembaga pendidikan yang berakhlakul karimah dan menjadikan santri santri di kabupaten Tanggamus menjadi santri yang agamis.

Lebih lanjut Pj. Bupati mengatakan pemerintah daerah sebagai wujud untuk memberikan perhatian atas jasa perjuangan kiai dan santri, salah satunya melalui program wirausaha santri, sehingga dengan program itu para santri tidak hanya menguasai ilmu keagamaan saja, melainkan juga mempunyai kemampuan bidang usaha.

“Program wirausaha santri ini guna mentransfer dan meningkatkan keterampilan para santri, sebagai modal untuk membuka peluang usaha dalam menunjang kehidupannya di masa mendatang,” tuturnya.

Karena itulah, para santri meningkatkan kapasitas diri untuk melahirkan inovasi dan kreasi, dalam rangka memberikan kontribusi berupa karya nyata untuk mendorong pembangunan daerah di segala sektor.

Penjabat Bupati Mulyadi Irsan, menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri, Merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Tema peringatan Hari Santri tahun ini adalah “Jihad Santri, Jayakan Negeri”. Tema ini dipilih untuk merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan pejuang. (Ham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *