Jumat, April 19, 2024
Bandar Lampung

Gubernur Harapkan Dokter Paru Tingkatkan Kinerja, Kompetensi dan Kualitas

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Gubernur Arinal Djunaidi membuka Konferensi Kerja Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) XVII 2023 Lampung dan Peringatan Ulang Tahun Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) ke-50, di Hotel Novotel, Kamis (28/9/2023).

Gubernur Arinal mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini yang merupakan bukti nyata komitmen untuk terus memajukan sektor kesehatan, khususnya dalam bidang perawatan paru-paru, yang begitu vital bagi kesejahteraan masyarakat.

Gubernur juga mengucapkan selamat kepada Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) atas pencapaian yang luar biasa dalam mencapai usia 50 tahun.

“Ini adalah tonggak bersejarah yang menandai peran penting yang telah dimainkan oleh PDPI dalam meningkatkan kualitas perawatan kesehatan di Indonesia, khususnya dalam diagnosis dan penanganan penyakit pernapasan,” kata Gubernur.

Gubernur berharap, Konferensi Kerja ini dapat lebih menambah dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan, khususnya bidang Paru, sehingga menjadi semakin kreatif, inovatif, profesional, dignitas, proaktif dan berintegritas serta dapat membina kerjasama yang sinergis dan harmonis dalam melaksanakan proses praktek kedokteran terutama bidang Paru.

Peran Pulmonolog khususnya spesialisasi paru, kata Gubernur, diperlukan untuk menghasilkan dokter spesialis paru yang memiliki keahlian klinis yang mumpuni, mampu berkomunikasi dengan baik, bekerja sama secara kolaboratif, memiliki kemampuan manajerial, menjadi advokat kesehatan, serta menjadi ilmuwan dan tenaga profesional yang handal.

Terlebih lagi, kondisi lingkungan sedang tidak kondusif dengan tingginya kadar polusi udara di Indonesia, sehingga memberikan tantangan tersendiri bagi para Pulmonolog untuk dapat mencegah dan mengatasi dampak polusi udara terhadap kesehatan pada masyarakat.

Oleh karena itu, keberadaan PDPI sangat penting dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para dokter spesialis paru, dalam memahami setiap perubahan, kondisi lingkungan dan masyarakat.

Melalui Konferensi Kerja PDPI XVII di Lampung, Gubernur juga berharap agar para dokter paru senantiasa bekerja dengan baik, meningkatkan kinerja, kompetensi dan kualitas SDM masing-masing.

“Semoga setiap program kerja yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan hasil baik. Begitu pula setiap masalah dan tantangan yang ada, akan dapat diatasi dengan baik,” harap Gubernur.

Gubernur selanjutnya mengucapkan terima kasih kepada semua dokter paru, anggota PDPI, dan tenaga kesehatan lainnya yang telah bekerja keras dalam menjaga kesehatan masyarakat.

“Semoga Konferensi Kerja PDPI kali ini menjadi wadah yang produktif untuk berbagi gagasan dan solusi yang akan membawa manfaat besar bagi kesehatan masyarakat Lampung dan Indonesia secara keseluruhan,” pungkas Gubernur.

Sementara itu, Ketua PDPI Lampung Dr.dr. Retno Ariza S, Sp.P (K), FCCP, FISR mengungkapkan bahwa Konferensi Kerja PDPI XVII di Lampung ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan di Provinsi Lampung. Sebelumnya, Lampung juga sebagai tuan rumah pada Konferensi Kerja PDPI tahun 2013 yang lalu.

dr. Retno Ariza juga mengungkapkan, dalam Konferensi Kerja PDPI XVII ini dilakukan berbagai kegiatan diantaranya workshop, survei kesehatan serta Bazar UMKM. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *