Minggu, Mei 19, 2024
Lampung Timur

Wabup Lamtim Tekankan Pentingnya Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

Lampung Timur, hariansatelit.com

Perlindungan bagi tenaga kerja melalui kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan merupakan kewajiban bagi setiap penyedia kerja. Hal tersebut juga berlaku bagi pemerintah desa terhadap seluruh perangkatnya. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi saat acara perlindungan Jaminan Sosial Bagi Aparatur Desa Kabupaten Lampung Timur yang dilaksanakan di Aula Atas Kabupaten Lampung, Rabu (13/09/2023).

Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi menyampaikan bahwa, dalam hal sinergi antara pemerintah daerah dan BPJS Ketenagakerjaan perlu dilaksanakan dari berbagai lini.Pemerintahan daerah, harus ikut andil dalam menyukseskan program pemerintah ini.

“Perlu diingat bahwa BPJS Ketenagakerjaan merupakan lembaga perpanjangan tangan dari pemerintah untuk memberikan perlindungan jaminan sosial kepada pelaku usaha dan badan usaha.

Selain itu BPJS Ketenagakerjaan memberikan jaminan perlindungan berupa jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun. Pada kesempatan ini, saya ucapan terimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Metro yang telah berkenan membagi pengetahuan dan pengalamannya kepada kita semua,” katanya.

Untuk dapat melaksanakan program BPJS Ketenagakerjaan ini bagi Aparat Desa, Pemerintah telah menerbitkan peraturan perundang-undangan, namun demikian, walaupun Permendagri nomor 20 tahun 2018 telah jelas mengisyaratkan bahwa Pemerintah Desa dapat menganggarkan iuran BPJS TK ini di dalam APBDesa, namun masih terdapat kegamangan dalam pelaksanaanya.

“Perlu diterbitkan peraturan Bupati atas jaminan sosial ketenagakerjaan sehingga para Kepala Desa dapat dengan nyaman mengganggarkan dana iuran BPJS Ketenagakerjaan di APBDesa dari Alokasi Dana Desa,” tukasnya.

Selanjutnya, sebelum resmi membuka kegiatan tersebut Ketua PMI tersebut berharap acara tersebut dapat memberikan manfaat kepada semua pihak terkait.

“Semoga acara ini berjalan dengan lancar dan sukses serta tercapai tujuannya dan dapat membawa manfaat bagi kita semua. Akhirnya, dengan mengucap.

“Bismillahirrahmanirrahim Focus Grup Discussion Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Aparatur Desa di Kabupaten Lampung Timur, secara resmi saya nyatakan dibuka,”jelasnya.
Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Para Camat dan Ketua Adepsi Kecamatan. (Nasir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *