Jumat, Maret 1, 2024
Metro

Ratusan Mahasiswa Ikuti Diskusi Srawung PMII Jurai Siwo

Metro, hariansatelit.com

Ratusan mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro mengikuti diskusi Srawung Pergerakan bertajuk “Tantangan Global dan Tradisi Intelektual Mahasiswa” di Warkop Nanggroe, Mulyojati, Kecamatan Metro Barat, Minggu sore (10/ 09).

Kegiatan yang diinisiasi Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jurai Siwo Kota Metro itu bertujuan memupuk nalar dan kritisisme the agent of change, serta menguatkan mental calon aktivis mahasiswa.

Ketua Komisariat PMII Jurai Siwo Kota Metro, Yoga Firmansyah menjelaskan, pihaknya bermaksud memberi arahan dan petunjuk, guna membantu mahasiswa baru dalam memecahkan permasalahan yang mungkin saja dialami selama mengikuti aktivitas perkuliahan.

“Organisasi mahasiswa sebagai lokomotif gerakan hingga sampai pada sinergitas nilai spiritual, intelektual, dan sosial. Dalam hal tersebut, tentu butuh tradisi atau kebiasaan yang dibangun mahasiswa untuk menumbuhkan nalar kritis, reflektif, dan selalu berpihak pada kebenaran seperti selalu menjaga konsistensi semangat membaca, berdiskusi, menulis dan bertindak,” kata Yoga, Senin (11/9/2023).

Menurutnya, peran penting yang disandang mahasiswa ialah, tentang bagaimana langkah untuk memanifestasikan wawasan ilmu secara mendalam, hingga mampu menjawab tantangan sesuai dengan perkembangan zaman.

“Tidak lengkap rasanya bagi mahasiswa, apabila tidak terlibat atau ikut dalam organisasi gerakan mahasiswa, seperti PMII misalnya. Mari bersama membangun kehidupan kampus yang berkualitas. Tentu bukan hanya dari ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah saja, melainkan yang juga menjadi fakta hari ini adalah upaya yang terus kita dilakukan bersama dari luar kampus,” tukasnya.

Kegiatan diskusi itu dihadiri oleh Ketua Dewan Kesenian Kota Metro Solihin Utjok, Dosen IAIN Metro Eka Octalia Indah, Presiden Mahasiswa IAIN Metro demisioner M Munif Jazuli sebagai narasumber, serta diikuti oleh sebanyak 130 peserta yang notabene merupakan mahasiswa IAIN Metro, sekaligus kader baru PMII Jurai Siwo Kota Metro.

Dalam diskusi yang dikemas santai itu, juga turut diiringi permainan musik dari Unit Kegiatan Kampus (UKK) IMPAS IAIN Metro di sela-sela dialog. (Hendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *