Jumat, Maret 1, 2024
Tulang Bawang

Operasi Zebra Jaring 1.188 Pelanggar Aturan Lalu Lintas di Tuba

Tulangbawang, hariansatelit.com

Sebanyak 1188 pengendara terjaring Operasi Zebra Krakatau 2023 Satlantas Polres Tulangbawang (Tuba). Sepekan pelaksanaan operasi itu, terdapat 64 diberi sanksi berupa tilang.

Kasat Lantas Polres Tulangbawang Iptu Glend Felix Siagian mengatakan, terdapat seribuan pengendara terjaring operasi yang bertema Kamseltibcarlantas yang kondusif menuju Pemilihan Umum (Pemilu) Damai 2024 dalam sepekan sejak 4 hingga 10 September 2023.

“Ada 1188 penindakan pelanggaran selama Operasi Zebra Krakatau terdiri dari 1124 teguran dan ada 64 pengendara diberi sanksi tilang,” kata Iptu Glend, Selasa, 12 September 2023.

Ia merinci 64 pengendara yang diberi sanksi tilang itu terdiri dari 12 pengendara motor karena tidak menggunakan helem. Sementara untuk roda empat ada 54 sanksi tilang terdiri dari 12 tilang karena menggunakan handphone saat berkendara, 30 tilang karenan tidak menggunakan sabuk pengaman, dan 10 tilang karena kelebihan muatan atau overload.

“Puluhan pengendara yang terjaring itu terpaksa diberikan sanksi tilang karena memiliki fatalitas tinggi saat mengemudi. Hal ini seiring dengan tujuan operasi yakni dalam rangka menurunkan angka pelanggaran, laka lantas, dan angka fatalitas, serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” ujar dia.

Dia mengimbau masyarakat untuk selalu mentaati aturan dalam berlalu lintas. Operasi sendiri akan berlangsung hingga 17 September mendatang.

Ia membeberkan, ada tujuh sasaran prioritas dalam operasi ini yakni berkendara sambil menggunakan ponsel, pengemudi atau pengendara kendaraan dibawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi tidak menggunakan sefety belt, berkendara dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol, melawan arus, dan melebihi batas kecepatan. (Jamhori)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *