Jumat, Maret 1, 2024
Bandar Lampung

Gubernur Lampung Ajak ASN Terapkan Prinsip 3R Dalam Pengelolaan Sampah

 

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Gubernur Lampung diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Senen Mustakim, menjadi Pembina Apel Gabungan Mingguan di Lapangan Korpri, Senin (28/08/2023).

Gubernur Lampung dalam sambutan yang disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum mengatakan bahwa Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2023 berfokus pada upaya penyelesaian terhadap persoalan sampah plastik dengan tema _”Solutions to Plastic Pollution”_.

Provinsi Lampung sendiri setiap tahunnya menghasilkan sampah 1,6 juta ton dengan jumlah sampah plastik sebesar 4 ribu ton. Dari jumlah tersebut yang berhasil dikurangi baru sebesar 6,75% dan yang tertangani hanya 33,65%.

Oleh karenanya, dalam rangka pengurangan dan penanganan sampah plastik, Pemerintah Provinsi Lampung memproses terbitnya Peraturan Gubernur Lampung tentang Pengelolaan Sampah Plastik.

Peraturan tersebut merupakan turunan dari Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 9 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah dan merupakan pejabaran dari Peraturan Gubernur Lampung Nomor 27 Tahun 2022 tentang Kebijakan dan Strategi Daerah dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Peraturan tersebut ditujukan untuk mengurangi timbulan sampah plastik dan dampak pencemarannya, serta mendorong penggantian plastik dengan plastik dengan bahan ramah lingkungan.

Selain itu peraturan tersebut juga bertujuan untuk mendorong tanggung jawab seluruh pihak yang menghasilkan timbulan sampah plastik, melarang kemasan plastik sekali pakai yang tidak perlu, dan mendorong tumbuh kembang dan mandirinya kegiatan daur ulang sampah plastik.

Selanjutnya, Gubernur mengajak ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung untuk peduli dan bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkan.

“Mari kita terapkan prinsip 3R dalam pengelolaan sampah yaitu _Reduce_ (Pembatasan sampah), _Reuse_ (Pemanfaatan kembali sampah), _Recycle_ (Daur Ulang Sampah),” ucapnya.

“Jadilah agen perubahan untuk mengajak keluarga dan masyarakat sekitar kita agar melakukan hal yang serupa,” pungkas Gubernur.(Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *