Sabtu, Juli 13, 2024
Lampung Selatan

Pengelolaan Dana Desa Sidodadi Asri Tahun 2022 dan Tahun 2023 Berjalan Sukses

Jati Agung, hariansatelit.com

Dana Desa Sidodadi Asri, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) dipergunakan untuk meningkatkan perekonomian.

Dengan adanya dana desa yang bersumber dari APBN, diharapkan desa dapat menciptakan pembangunan dan pemberdayaan desa menuju masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera melalui desa yang kuat, maju, mandiri dan demokratis.

Desa Sidodadi Asri merupakan salah satu desa yang dinilai berhasil dalam pengelolaan Dana Desa tahun 2022 dan Dana Desa Tahun 2023.

Kepala Desa Sidodadi Asri Didik Marhadi, SH, memiliki sifat dan sikap yang sangat peduli dan mengayomi warganya. Hal ini menjadikan sang Kepala Desa sangat dicintai warganya.

Beliau bertekad untuk mengabdikan dirinya membangun desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Kepada hariansatelit.com Didik menjelaskan dana desa yang diberikan pemerintah kepada desa digunakan semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan warganya, khususnya untuk pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan jalan desa dan pengembangan potensi ekonomi desanya. Hal ini sangat sesuai dengan prioritas penggunaan dana desa.

Desa Sidodadi Asi memaksimalkan pemanfaatan dana desa yang diterimanya dengan penyelenggaraan desa siaga kesehatan, pendidikan dan pembangunan infrastruktur serta pembangunan lainnya disegala lini.

Seluruh kegiatan melibatkan seluruh warga dan ada yang menggunakan program padat karya dengan skema cash for work yang memberikan upah harian kepada mereka yang mengerjakan.

“Dalam hal ini juga membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan warga. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, membangun kesehatan, menangani pandemi dan meningkatkan kesejahteraan melalui program padat karya mereka lakukan dengan dukungan dana desa,” katanya.

Dari kisah di atas dapat kita lihat beberapa aspek penting yang menjadikan pengelolaan dana desa dapat berhasil sebagaimana tujuan dan prioritasnya, diantaranya: pertama, transparansi dan akuntabilitas.

Didik menjelaskan, Desa Sidodadi melaksanakan prinsip keterbukaan atas semua tindakan dan kebijakannyanya dengan sangat baik, melalui penyediaan informasi dan menjamin kemudahan di dalam memperoleh informasi yang akurat dan memadai.

Selain itu, dengan prinsip akuntabilitas bahwa penyelenggaraan pemerintahan harus dapat dipertanggungjawabkan di hadapan publik baik secara administratif maupun secara politik. Kedua prinsip inilah yang memegang kunci dalam menciptakan kepercayaan timbal balik antara pemerintah desa dengan warganya.

Kedua, komitmen dan peran aktif masyarakat. Keterikatan, rasa memiliki dan partisipasi masyarakat desa Semayap dalam mendukung setiap keputusan dan kebijakan yang diambil oleh pemerintah desa, menjadikan proses pelaksanaannya menjadi lebih mudah. Prinsip gotong royong dan musyawarah yang dipegang mampu menjadikan desa Sidodadi Asri menjadi desa yang kuat dan mandiri.

Ke tiga, kepemimpinan kepala desa yang baik. Faktor kepemimpinan dan keteladanan yang baik adalah hal yang mutlak diperlukan dalam keberhasilan suatu organisasi, termasuk desa.

Kepemimpinan Didik Marhadi, SH yang tegas namun merakyat, yang peduli dan mengayomi, memahami kebutuhan dan prioritas serta sumber daya yang dimiliki, menjadikan beliau dihormati dan dicintai warganya. Kekompakan yang terjadi tentu saja menjadi nilai tambah yang sangat berarti dalam melaksanakan pemerintahan di desanya.

Ke empat, kemampuan desa dalam mengambil keputusan tepat dalam penggunaan Dana Desa. Pengambilan keputusan oleh pemerintah desa Sidodadi Asri dilakukan dengan memperhatikan berbagai faktor, termasuk komposisi warga, kondisi kesehatan yang ada, kebutuhan warga dan kondisi pandemi yang terjadi, serta dengan memperhatikan sumber daya yang dimiliki.

“Dengan demikian, pemerintah desa dapat membuat prioritas program kerja desa dengan tepat untuk mencapai tujuan utama yaitu peningkatan kesejahteraan,” tukas Didik. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *