Minggu, Mei 19, 2024
Bandar Lampung

Pemprov Lampung Dukung Perkembangan Koperasi Mahasiswa di Indonesia

 

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Gubernur Lampung diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. Zainal Abidin, M.T. membuka acara Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional (Jamkopnas) di Gedung Pusiban, Senin (7/8/2023).

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat datang di provinsi Lampung kepada perwakilan 36 koperasi mahasiswa dari seluruh Indonesia.

“Atas nama pemerintah provinsi lampung kami mengucapkan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini”, ucapnya.

“Semoga acara ini dapat berjalan lancar dan peserta dapat berkompetisi dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan,” lanjutnya.

Koperasi merupakan tonggak perekonomian bangsa yang melandaskan kegiatannya berdasarkan azas kekeluargaan dan gotong royong.

Namun saat ini kehadiran koperasi dianggap kalah modern dibandingkan dengan badan usaha yang lain seperti minimarket dan bisnis _startup_ yang dirasa lebih memiliki prospek.

Karena itu harus diakui sektor koperasi memiliki tantangan besar untuk mengoptimalkan potensi ekonomi di Indonesia.

Apabila dikaitkan dengan kaum milenial, Indonesia akan memasuki masa bonus demografi selama rentang waktu 2030-2045, pada periode tersebut komposisi penduduk Indonesia akan didominasi oleh kelompok usia produktif.

Inilah tantangan koperasi yaitu mampu membentuk _customer trust_ dan _customer loyal_ dan harus dimulai dari sekarang, untuk itu koperasi harus mulai berbenah menyambut era revolusi industri 4.0 tanpa harus meninggalkan jati diri sebagai tonggak ekonomi Pancasila.

Koperasi harus melakukan inovasi bisnis dan promosi dengan memanfaatkan teknologi informasi tanpa harus menanggalkan tradisi mufakat sebagai pondasi.

Pengembangan koperasi harus terus didukung bersama dengan memfasilitasi, memberdayakan dan menggerakkan sektor-sektor strategis dan potensi-potensi unggulan yang dimiliki.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan dalam memajukan koperasi adalah dengan meningkatkan literasi perkoperasian serta menstimulus generasi muda agar tertarik untuk berkoperasi.

Jambore koperasi Mahasiswa Nasional (Jamkopnas) adalah salah satu ajang bergengsi bagi koperasi mahasiswa di seluruh Indonesia yang diselenggarakan sebagai bentuk upaya dalam menanamkan prinsip dan nilai-nilai koperasi pada generasi muda sejak awal.

Jamkopnas ini dapat meningkatkan jiwa kompetitif mahasiswa dalam berwirausaha untuk meningkatkan pemahaman tentang pengetahuan perkoperasian dan kewirausahaan bagi koperasi mahasiswa Indonesia.

Hal ini sejalan dengan tema jambore koperasi mahasiswa Nasional hari ini yaitu _Empoweing Youth Cooperative for better future_ yang mengajarkan semangat kebersamaan dan keadilan serta mampu menjunjung tinggi nilai-nilai yang ada di masyarakat.

“Oleh sebab itu provinsi Lampung terus mendukung perkembangan Koperasi di Indonesia khususnya di Provinsi Lampung,” pungkasnya.

Jamkopnas 2023 ini diikuti oleh 129 peserta dari 36 universitas dan 43 tim dari masing-masing Koperasi Mahasiswa di Indonesia yang akan diselenggarakan selama 3 hari mulai dari tanggal 7 Agustus-9 Agustus 2023.

Sementara itu wakil rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Lampung Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si. menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang telah mendukung kegiatan Jamkopnas ini.

“Pada hari ini kehadiran kita di gedung yang mewah ini di lingkungan Pemprov Lampung adalah salah satu bukti nyata dukungan Pemerintah provinsi Lampung dalam hal ini Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi kepada Mahasiswa khususnya mahasiswa yang ada di Provinsi Lampung,” ungkapnya. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *