Sabtu, Juli 27, 2024
Metro

Tingkatkan Produktivitas, Walikota Metro Serahkan Bantuan Alsintan kepada Poktan

Metro, hariansatelit.com

Guna memudahkan pekerjaan para petani dalam meningkatkan produktivitas disektor pertanian Walikota Metro Wahdi secara simbolis menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada sejumlah kelompok tani (Poktan) di Kota Metro.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Metro Wahdi juga melepas peserta jalan sehat tani agro ceria dalam rangka peringatan HUT RI ke 78 di Halaman Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Metro, Jumat (4/08/2023).

Wahdi mengucapakan terimakasih kepada semua yang sudah hadir dan berpartisipasi dalam jalan sehat tani argo ceria dalam rangka HUT RI 78.

“Tidak lupa juga dengan adanya jalan sehat ini semoga yang hadir disini sehat walafiat. Saya juga berharap acara seperti ini rutin diadakan, bukan hanya dalam rangka HUT RI saja,” kata Wahdi.

Wahdi juga berpesan kepada perwakilan Poktan yang menerima bantuan, untuk memaksimalkan bantuan ini kepada para anggotanya.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Metro, Heri Wiratno, mengatakan sebanyak 18 Poktan menerima hibah alsintan terdiri dari beberapa alat dan mesin yang berbeda.

“Pemberian alsintan merupakan hibah yang diberikan Pemerintah Kota Metro kepada kelompok tani untuk digunakan dalam menunjang kegiatan pertanian. Adapun alsintan yang dihibahkan seperti mesin pemotong rumput atau Chopper, alat semprot atau Hand Sprayer, dan pompa hisap,” jelasnya.

Lanjutnya, pembagian alsintan kepada 5 kelompok tani penerima chopper, 9 kelompok tani penerima hand sprayer, dan 4 kelompok tani penerima pompa hisap untuk kolam.

“Pemberian alsintan merupakan bentuk dukungan Pemerintah bagi petani-petani yang ada di Metro. Khusus untuk yang hortikultura untuk stimulus,”jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa Pemerintah Kota Metro telah rutin memberikan bantuan alsintan kepada masing-masing poktan di Metro.
“Bantuan ini kami berikan secara bergantian kepada Poktan di masing-masing kecamatan,” ujarnya. (Hendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *