Minggu, Mei 19, 2024
Lampung Timur

Ketua Kwarcab Lamtim Minta Pembinaan Pramuka Terus Ditingkatkan

Lampung Timur, hariansatelit.com

Ketua Kwarcab Lampung Timur Yus Bariah Dawam Rahardjo mengatakan Gerakan Pramuka di Kecamatan Pengurus Kwarran Raman Utara sangat aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Gerakan Pramuka yang telah dilakukan oleh pendahulunya sudah luar biasa dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan,” kata dia saat melantik Pengurus Kwarran Raman Utara di Desa Raman Aji Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), Sabtu (05/08/2023).

Dikatakannya, melalui momentum pelantikan ini maka tugas kakak-kakak adalah kembali membangkitkan gairah generasi muda dalam berkegiatan Kepramukaan, wadah ini sangat tepat untuk menjawab tantangan perubahan zaman terutama dalam pembinaan generasi muda.

“Kita ketahui bersama bahwa tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak termasuk di dalamnya peran Gerakan Pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut,” ujarnya.

Karena lanjutnya, Melalui dedikasi dan perjuangan kakak-kakak semua segala bentuk tantangan, hambatan dan rintangan akan dapat terselesaikan dengan baik.

“Gerakan Pramuka adalah solusi pembangunan karakter dan watak pemuda yang berkepribadian serta berbudi pekerti luhur,sehingga pemuda yang berjiwa nasional akan terwujud,”katanya.

Untuk itu, latihan-latihan kepramukaan, termasuk kegiatan menempuh Syarat Kecakapan Umum dan Syarat Kecakapan Khusus bagi para peserta didik, harus terus diupayakan.

“Para Pembina Pramuka diharapkan dapat menginisiasi kegiatan-kegiatan kreatif yang Kita ketahui bersama bahwa tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak termasuk di dalamnya peran Gerakan Pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut,”ungkapnya.

Ditambahkannya, tujuan mulia pendidikan kepramukaan untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mempunyai kecakapan, taat hukum dan disiplin, menjadi modal spirit untuk terus berkarya dan berbakti. Untuk itu, perlu upaya untuk meningkatkan inovasi kegiatan dan materi pelatihan serta pemberdayaan kwartir yang sistematis, terencana dan berkelanjutan.

Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 225 Tahun 2015 tentang Petunjuk Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka disebutkan bahwa tugas Majelis Pembimbing adalah memberi bimbingan dan bantuan yang bersifat moral, organisatoris, materiil, finansial dan konsultasi kepada gudep yang bersangkutan. Oleh karena itu, saya titipkan kepada Camat Raman Utara selaku Ketua Majelis Pembimbing, atas gerak tumbuh dan berkembangnya pramuka di Kwartir Ranting Raman Utara.

“Saya selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lampung Timur beserta jajaran pengurus kwartir Cabang menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada kakak-kakak yang masih setia membina kaum muda, melalui kegiatan kepramukaan dengan mengemban amanah sebagai Majelis Pembimbing dan Pengurus Kwartir Ranting Raman Utara Dengan ucapan selamat mengabdi, selamat bekerja bagi kepengurusan masa bakti 2023-2026, kami menunggu karya dan bakti kakak-kakak sekalian marilah kita semua saling mendukung dan menguatkan untuk bekerja membangun generasi muda, semoga upaya kita bersama ini menjadi amal ibadah dan senantiasa mendapatkan Ridho Tuhan Yang Maha Kuasa,”pungkasnya. (Nasir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *