Minggu, Mei 19, 2024
Bandar Lampung

Tim Pengawasan Ormas Tingkatkan Koordinasi Pengawasan Dalam Menjaga Stabilitas Sosial Politik

Bandar Lampung, hariansatelit.com

Asisten Administrasi Umum Senen Mustakim, menghadiri webinar yang dibuka Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum RI yang diwakili Plh. Sekretaris Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Risnandar Mahiwa, melalui virtual meeting di Ruang Command Center Lt.II Diskominfotik Provinsi Lampung, Selasa (01/08/2023).

Webinar dengan tema “Pemantapan Koordinasi Tim Terpadu Pengawasan Organisasi Kemasyarakatan Dalam Menjaga Stabilitas Sosial Politik, Keamanan, Ketentraman dan Ketertiban Umum,” dilaksanakan guna meningkatkan pengawasan ormas dalam rangka menjaga stabilitas sosial, politik, keamanan, ketentraman dan ketertiban umum menjelang pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024.

Penguatan ormas adalah bagian dari kehadiran negara didalam melihat kehidupan organisasi kemasyarakatan di ruang publik.

Hingga saat ini, ormas yang sudah terdaftar di pemerintah hampir 554.110, baik ormas berbadan hukum, ormas yang tidak berbadan hukum dan ormas yang didirikan warga negara asing.

Pada kegiatan Webinar diungkapkan urgensi pembentukan tim terpadu pengawasan ormas, mengingat perkembangan jumlah ormas yang signifikan dengan aktivitas dan dinamika keberadaannya yang semakin kompleks sehingga diperlukan tata kelola yang lebih baik.

Kegiatan meliputi pengawasan ormas-ormas tertentu yang aktivitasnya tidak sesuai dengan tujuan, fungsi, dan asas organisasi kemasyarakatan, deteksi dini dan langkah antisipatif pelanggaran ormas-ormas terkait peraturan yang berlaku.(Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *