Sabtu, Juni 22, 2024
Bandar Lampung

IPWK Sudah Hampir Punah di Masyarakat

 

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Anggota DPRD Kota Bandarlampung Rakhmad Nafindra.S.,IP, meminta kepada kalangan remaja agar mempunyai filterisasi untuk menyikapi adanya budaya luar yang masuk ke Indonesia terutama di kota Bandar Lampung.

Hal ini dikatakam oleh Rakhmad Nafindra saat mengelar  Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IP-WK) yang dilaksanakn di kelurahan Harapan Jaya  Kecamatan Sukarame,Selasa (01/08/2023).

Menurut Rakhmad Nafindra bahwa sosialisasi IP – WK ini tentunya sangat  perlu dilaksanakan lataran saat ini Ideologi Pancasila sudah mulai tergerus oleh watu dengan dengan demikian selalu anggota DPRD Kota harus melaksanakan kegiatan ini.

“Kegiatan ini wajib di lakukan oleh seluruh Anggota DPRD Bandar Lampung dengan tujuan agar masyarakat bisa mengingat kembali nilai nilai Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ini,”ucapnya.

Dirinya menjelaskan bahwa saat ini di kalangan remaja sudak mulai masuk budaya luar seperti Budaya dari luar seperti tarian Kpop asal Korea ,jadi dengan adanya pemahaman Ideologi Pancasila bisa mempilterisasi  pemahaman -pemahaman budaya luar yang akan merusak budaya Indonesia terutama di kalangan muda saat ini.

“Tentunya kalangan meilenial bisa terus memahami nilai -nilai budaya yang terkandung dalam Pengamalan butir -butir Pancasila sejak dini,”jelasnya.

Ditambahkan Narasumber Suheli menjelaskan bahwa keberadaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan  merupakan padangan Hidup,Namun saat ini keberadaan Ideologi Pancasila sudah mulai tergerus oleh budaya-budaya asing yang masuk ke wilayah indonesia.

“Dengan melaksanakan atau memahami nilai Pancasila tentunya kita bisa mempilterisasi budaya -budaya asing yang masuk ke Indonesia sehingga budaya Indonesia sendiri tidak akan tergerus oleh budaya asing,”kata Suheli.

Ditanbahkan oleh narasumber lainya Tunas budi lukito;Konsep kebangsaan Indonesia bertujuan membangun dan mengembangkan persatuan dan kesatuan Tujuan wawasan kebangsaan yang pertama adalah mewujudkan bangsa yang kuat,rukun bersatu, berdaya saing tinggi, dan sejahtera.

Wawasan kebangsaan merupakan pandangan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia mengenai identitas dan tanah airnya, dengan prinsip utama persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat Contoh Penerapan Wawasan Kebangsaan di Indonesia
Menjaga persatuan dan kesatuan.

Berusaha senantiasa menjaga harmoni di masyarakat demi keutuhan Kesatuan Republik Indonesia.Menanamkan rasa cinta tanah air negara.Sedari dini, menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air.Bersikap patriotisme dan nasionalisme.(Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *