Minggu, Juni 16, 2024
Bandar Lampung

PORNAS KORPRI XVI Resmi Ditutup, Kontingen Lampung Raih 3 Medali

 

Semarang,hariansatelit.com

Menteri Pemuda dan Olah raga Republik Indonesia Ario Bimo Nandito Ariotedjo secara resmi menutup rangkaian kegiatan PORNAS KORPRI XVI Tahun 2023 di GOR Jatidiri Semarang Jawa Tengah, Jum’at (21/07/2023).

Dalam sambutannya, Menpora berharap event PORNAS KORPRI XVI mampu meningkatkan solidaritas dan soliditas antar ASN di seluruh Indonesia melalui media olahraga sebagai simbol silaturahmi, persahabatan dan kebersamaan.

“Semoga dengan adanya event ini semakin mempererat sekaligus menciptakan kekompakan, soliditas dan meningkatkan sinergi antar institusi dalam membangun dan menata Republik Indonesia,” ucapnya.

PORNAS KORPRI XVI Tahun 2023 yang bertemakan “Jalin Kebersamaan Raih Prestasi ” diselenggarakan sejak tanggal 12 Juli sampai dengan 21 Juli 2023 di Semarang Jawa Tengah dan diikuti oleh 101 kontingen dari 38 Provinsi serta 63 Kementerian/Lembaga se-Indonesia.

Provinsi Lampung mengirimkan 144 orang utusan yang terdiri dari atlit, oficial dan tim pelatih untuk berpartisipasi dalam PORNAS KORPRI XVI dan ikut serta dalam 9 dari 10 cabang olah raga yang dipertandingkan.

Sembilan cabang olah raga yang diikuti Kontingen Lampung, yaitu : Tenis meja,Tenis lapangan, Bulu Tangkis, Futsal, Bola Basket, Gateball, Balap Sepeda, Senam Korpri dan Bola Voli.

Kontingen Lampung berhasil membawa pulang 3 medali masing-masing 2 medali perak dari cabang olah raga tenis meja Beregu campuran dan ganda putri U-40 serta 1 medali perunggu dari cabang olah raga Bola Voli Putri.

Pencapaian 3 medali pada Pornas XVI 2023 di Semarang merupakan prestasi tersendiri bagi Kontingen Lampung dibandingkan keikutsertaan pada Pornas XV 2019 di Bangka Belitung.

Sesaat sebelum kontingen Lampung meninggalkan Kota Semarang Jawa Tengah, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Qudrotul Ikhwan dalam kunjungan kerjanya di Solo Jawa tengah menyempatkan diri untuk mengunjungi Kontingen Lampung di Semarang dan menyampaikan apresiasi serta rasa terima kasihnya karena telah berbuat yang terbaik untuk Provinsi Lampung.

“Yang terpenting adalah kebersamaan yang terjalin sesama ASN dan kita sudah ikut berpartisipasi dalam Pornas XVI 2023 ini, bahkan pencapaian 3 medali kita jauh lebih baik dari Pornas sebelumnya yang tanpa medali”, ucapnya.

Sementara itu Ketua Bapor Korpri Pusat Asrorun Ni’am Soleh menyampaikan bahwa Total yang terdaftar mengikuti Pornas Korpri XVI ini adalah 6.595 orang, sementara jumlah total dengan yang tidak terdaftar sebanyak 9.554 orang. Dan Jumlah medali yang telah terdistribusikan adalah 177 medali dengan rincian 54 medali emas, 54 medali perak dan 69 medali perunggu.

“Selama 11 hari kegiatan Pornas Korpri XVI terjadi dinamika, semangat bertanding atlit luar biasa tidak jarang menguras energi dan emosi namun semuanya merindukan semangat kebersamaan,” ucap Asrorun Ni’am

“Hal yang baru dalam Pornas Korpri XVI ini adalah adanya pertandingan Eksekutif yaitu partai pertandingan khusus untuk pejabat Eselon I dan Eselon 2,” ucapnya.

Gubernur Jawa Tengah diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno,SE,M.M menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan seluruh pihak dalam penyelenggaraan PORNAS KORPRI XVI Semarang.

“Terima kasih kepada seluruh Kontingen Provinsi yang telah berpartisipasi dan seluruh panitia yang telah menyukseskan pornas Korpri XVI ini,” ungkapnya.

Dalam rangkaian upacara penutupan diserahkan piagam penghargaan oleh Ketua DPN Korpri didampingi oleh Ketua Umum Bapor Korpri dan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah untuk 10 Kontingen Terbaik : DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kemenkeu, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Kemendikbudristek, Bali, Jawa Timur, Kemenpora dan Jawa Tengah.

Penyerahan piala Juara I, II dan III diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, sedangkan piala bergilir diserahkan secara langsung oleh Menteri Pemuda dan Olah raga Dito Ariotedjo kepada Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sumarno.

Selanjutnya Penyerahan Bendera Pataka PORNAS KORPRI diterima oleh Asisten I Bidang pemerintahan dan Sekretaris DPP Korpri Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai Tuan Rumah penyelenggaraan PORNAS KORPRI XVII pada Tahun 2025 mendatang. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *