Minggu, Juni 16, 2024
Lampung Utara

Jemaah Haji Asal Lampung Utara yang Hilang, Telah Ditemukan

Lampung Utara, hariansatelit.com

Usai dinyatakan hilang tiga hari lalu, Endang Yunita Suryani, jamaah haji Lampung Utara akhirnya berhasil ditemukan di Arab Saudi, Jumat (21/7/2023).

Kepala Kanwil Kemenag Lampung, Puji Raharjo mengatakan Endang sempat dikabarkan hilang saat rombongan kloter jemaah haji akan pulang ke Indonesia.

“Saya informasikan bahwa informasi adanya jemaah haji asal Lampung Utara dari kloter JKG 41 yang dilaporkan hilang beberapa hari yang lalu atas nama Endang Yunita Suryani sudah ditemukan,” katanya.

Puji pun menyampaikan ucapan terima kasih terhadap petugas PPIH di Arab Saudi dan segenap masyarakat Provinsi Lampung, yang telah mendoakan hingga akhirnya Endang berhasil ditemukan. “Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, sehingga akhirnya yang bersangkutan bisa ditemukan dalam keadaan selamat dan sehat,” ucapnya.

Namun, terkait motif atau penyebab jemaah Endang hilang, Puji belum dapat menyampaikan. Sebab, saat ini belum ada keterangan resmi dari Daker maupun yang bersangkutan. “Tapi yang pasti, saat ini yang bersangkutan dalam pengamanan dan penjagaan sektor 8 dan juga bagian perlindungan jamaah (Linjam) 8,” ungkapnya.

Selain itu, Puji menuturkan jemaah Endang Yunita Suryani rencananya akan dipulangkan ke Provinsi Lampung dengan bergabung kloter JKG 49. “InsyaAllah ibu Endang akan tiba di Asrama 3haji Rajabasa pada tanggal 24 Juli 2023 sekitar pukul 14.40 WIB,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala kantor Kementerian Agama Lampung Utara, Totong Sunardi menuturkan, saat ditemukan, kondisi yang bersangkutan dalam keadaan sehat. Lokasinya berjarak sekitar 2 km dari tempat penginapannya sebelumnya.
“Alhamdulillah, beliau sudah berhasil ditemukan oleh petugas perlindungan jamaah haji,” ucapnya, Minggu (23/7/2023).

Meski dalam keadaan sehat, yang bersangkutan terlihat sedikit linglung. Kuat dugaan yang bersangkuta telah menjadi korban hipnotis. Dugaan itu diperkuat dengan raibnya ponsel yang dimiliki oleh jamaah haji Lampung Utara itu.

“Ponsel enggak ada lagi. Adapun barang-barang beliau sebelumnya telah dibawa pulang,” jelasnya.

Terpisah, Kabag Kesejahteraan Sosial Sekdakab Lampung Utara sekaligus petugas haji daerah menuturkan, kepulangan Endang akan berbarengan dengan jamaah haji Lampung melalui kloter JKG 49. Namun, waktu kepulangan masih menunggu jadwal resmi.
“Kalau untuk jadwal kepulangan, kami masih menunggu informasi selanjutnya,” ujar dia.

Diketahui, Endang Yunita Suryani, jamaah haji Lampung Utara dengan inisial EYS (41) dikabarkan hilang di Mekkah, Arab Saudi, Selasa (18/7/2023) sekitar pukul 09.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

“Pendorongan ke Jeddah berlangsung pada pukul 15.00 WAS, sedangkan kabar hilangnya beliau diketahui beberapa jam sebelum itu,” terang Totong kala itu. (Bambang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *