Jumat, Mei 24, 2024
Lampung Timur

Yus Bariah Dawam Rahardjo Apresiasi Germas Bersama Kejari Lampung Timur

 

Lampung Timur, hariansatelit.com

GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan Budaya Hidup Sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku Masyarakat yang kurang sehat, ancaman penyakit menular dan juga penyakit-penyakit tidak menular merupakan hal yang harus ditangani untuk mewujudkan SDM unggul dan berkualitas.

Demikian disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur Yus Bariah Dawam Rahardjo saat memberi sambutan sekaligus membuka acara GERMAS bersama seluruh jajaran Kejari Lamtim, Selasa (08/07/2023).

Salah satu wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dalam menangani beban penyakit adalah dengan mencanangkan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Terdapat 7 langkah untuk melaksanakan Germas,

1. Melakukan Aktivitas Fisik,

2. Budaya Konsumsi Buah dan Sayur,

3. Tidak Merokok,

4. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol,

5. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Berkala

6. Menjaga Kebersihan Lingkungan,

7. Menggunakan Jamban Sehat.”ucap Yus Bariah Gerakan yang selanjutnya adalah Bebas Stunting dengan (ABCDE) Aktif minum Tablet Tambah Darah, Bumil teratur periksa Kehamilan, Cukupi Konsumsi Protein hewani, Datang ke Posyandu setiap Bulan, Eklusif Asi 6 Bulan

Selain itu juga adanya inovasi yang sudah dicanangkan sejak 1 tahun yang lalu yaitu program MAHARZIGA (Memanfaatkan Lahan Pekarangan Untuk Tingkatkan Gizi Keluarga) disesuaikan kearifan lokal pemanfaatan pekarangannya, misalnya dengan menanam sayuran dan toga, kolam ikan, ternak ayam, dan lainnya. Oleh karena itu saya mohon kontribusi dari PIHAK terkait, Camat, Kepala Desa, Ketua TP PKK kecamatan dan Desa dan seluruh stakeholder untuk menunjang inovasi ini,” tutur Yus Bariah.

Dalam kegiatan tersebut PMI Lampung Timur bersama seluruh Jajaran Kejari Lamtim juga mengadakan Donor darah yang mengusung tema “Donor Darah Kita Sebagai Bukti Cinta Untuk Semua Kita Sehat Mereka Selamat. (Nasir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *