Minggu, Mei 19, 2024
Bandar Lampung

Rakor Inflasi Bersama Mendagri, Pemprov Lampung Terus Berkomitmen Dalam Pengendalian Inflasi Di Daerah

 

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Pemerintah Provinsi Lampung diwakili oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Elvira Umihanni didampingi sejumlah perwakilan Perangkat Daerah, mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara _virtual_ yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, di Ruang Command Center Lt. II Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Senin (17/07/2023).

Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi terkait dengan terkendali nya inflasi di Indonesia yang tahun lalu 5,9% menjadi 3,5%.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, mengatakan bahwa target yang ingin dicapai yaitu tingkat inflasi di Indonesia berada pada angka 3%.

“Jadi, kita harus berjuang keras dari angka 3,5% di Nasional itu menjadi 3%, ini merupakan angka yang relatif stabil, dalam artian ini akan membuat para produsen bergembira karena return operational mereka tertutup dan ada keuntungan serta kemudian konsumen tidak terlalu berat dengan kenaikan-kenaikan,” ucap Mendagri.

Direktur Statistik Harga BPS, Windhiarso Putranto, mengatakan bahwa angka inflasi bulan Juni 2023 secara bulan ke bulan sebesar 0,14%, inflasi tahun kalender (sejak Desember 2022 sampai Juni 2023) sebesar 1,24% dan secara tahun ke tahun sebesar 3,52%.

Komponen Harga Bergejolak mengalami inflasi sebesar 0,44% pada Juni 2022, dengan andil sebesar 0,07% terhadap inflasi umum. Komoditas yang dominan memberikan andil inflasi diantaranya adalah daging ayam ras, telur ayam ras dan bawang putih.

Komponen Harga Bergejolak pada 7 bulan terakhir mengalami inflasi secara terus menerus yang berawal sejak Desember 2022. Sepanjang tahun 2023 selalu terjadi inflasi, namun tekanannya masih relatif lebih rendah dibandingkan tahun 2022.

“Ini menjadi peringatan bagi kita, bahwa inflasi dari Komponen Harga Bergejolak ini memang sangat berpotensi meningkatkan inflasi di tahun 2023, karena sampai dengan pertengahan tahun telah mencapai 3,22%,” ucap Windhiarso Putranto.

Sementara itu Sekretaris Utama BPN, Sarwo Edhy, mengatakan bahwa komoditas dengan harga 10% diatas HET/HAP yaitu jagung tingkat peternak, garam konsumsi, telur ayam ras, beras medium zona 1 dan beras medium zona 3.

Harga minyak goreng pada periode bulan Juli 2023 terpantau stabil, untuk minyak goreng Curah yaitu Rp 14.726/liter, Minyakita Rp 15.118/liter dan Kemasan Premium Rp 20.768/liter.

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, mengatakan bahwa berdasarkan data dari BPS bahwa produksi gabah di bulan Juli 2023 sebesar 4,56 juta ton, angka ini lebih besar daripada produksi bulan Juni 2023 dan prediksi bulan Agustus 2023.

“Dari kondisi tersebut, Bulog akan mengoptimalkan pengadaan dalam negeri bulan Juli 2023 sebagai antisipasi semakin mengecilnya perkiraan produksi sampai akhir tahun 2023,” ucap Budi Waseso.

Harga beras selama 8 minggu terakhir cenderung stabil karena adanya program Bantuan Pangan Beras yang secara langsung didistribusikan kepada keluarga penerima, sehingga secara langsung mengurangi permintaan di pasar.

Jumlah stok beras Bulog saat ini sebanyak 711,021 ton dengan rincian beras CBP sebanyak 650.625 ton dan beras komersial sebanyak 60.396 ton.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Elvira Umihanni, mengatakan bahwa jika terjadi kenaikan harga, sebaiknya segera dilakukan intervensi agar harga bisa tetap stabil.(Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *